Kumpulan Ayat Al-Quran agar Dijauhkan dari Sihir dan Segala Keburukan
Nasihat Malaikat Jibril kepada Rasulullah

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Membaca dengan rutin ayat Al-Quran agar dijauhkan dari sihir, kerusakan, dan segala keburukan yang ada tentu menjadi ikhtiar bagi setiap muslim untuk membentengi dirinya. Sebab manusia tidak punya kekuatan yang lebih karenanya harus senantiasa melibatkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam berbagai hal, termasuk meminta perlindungan.

Doa merupakan senjata ampuh yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat-Nya untuk meminta pertolongan, perlindungan, dan petunjuk dalam menjalani kehidupan. Salah satu doa penting yang termaktub dalam Al-Quran adalah doa agar dijauhkan dari sihir. Sihir adalah praktik yang dilarang dalam Islam, dan menjauhkan diri dari pengaruhnya adalah penting bagi setiap muslim.

Kumpulan Ayat Al-Quran agar Dijauhkan dari Sihir dan Segala Keburukan

Berikut adalah beberapa ayat Al-Quran yang bisa diamalkan sebagai doa agar dijauhkan dari sihir.

1. Doa untuk Perlindungan dari Segala Keburukan & Kejahatan

Salah satu doa yang paling sering diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk melindungi diri dari sihir adalah doa yang diambil dari Surah Al-Baqarah (2:255), yang juga dikenal sebagai Ayat Kursi:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

“Ayat ini memiliki kekuatan luar biasa untuk melindungi diri dari berbagai bentuk kejahatan, termasuk sihir. Ketika kita mengamalkan membaca Ayat Kursi secara rutin, kita memohon perlindungan Allah dari pengaruh buruk sihir.

2. Doa untuk Menghindari Kesengsaraan

 Ayat Al-Quran agar Dijauhkan dari Sihir

Surah Al-Baqarah (2:286) juga menyediakan doa untuk melindungi diri dari kesengsaraan yang mungkin disebabkan oleh sihir atau kejahatan lainnya:

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebaikan) yang diusahakannya dan (dosa) yang diperbuatnya. (Mintalah) Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaf kepada kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

Doa ini mengajarkan kita untuk memohon kepada Allah agar dijauhkan dari segala kesulitan, termasuk yang mungkin disebabkan oleh sihir. Allah adalah Penolong yang Maha Kuasa, dan dengan bertaubat dan memohon perlindungan-Nya, kita dapat melindungi diri kita dari ancaman-ancaman seperti sihir.

3. Doa Memohon Perlindungan dari Bisikan Setan

 Ayat Al-Quran agar Dijauhkan dari Sihir

Surah Al-Mu’minun (23:97-98) mengajarkan kita untuk memohon perlindungan Allah dari gangguan jahat sihir:

وَقُلْ رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِوَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُونِ

“Dan katakanlah: ‘Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari bisikan-bisikan syaitan. Dan aku berlindung (pula) kepada-Mu, ya Tuhanku, agar mereka datang kepadaku.'”

4. Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas

5. Surat Al-Fatihah

Baca juga: Kumpulan Doa dalam Al-Quran: Mohon Kemudahan untuk Segala Urusan

Mengamalkan Ayat Al-Quran Agar Dijauhkan dari Sihir & Kejahatan dalam Kehidupan

Bukan hanya membaca ayat Al-Quran agar dijauhkan dari sihir, ayat-ayat suci dalam Al-Quran juga perlu

dipahami makna dan kekuatan yang terkandung di dalamnya. kita dapat menguatkan iman dan mendekatkan diri kepada Allah dalam memohon perlindungan dari sihir dan segala bentuk kejahatan.

Doa yang ikhlas dan tulus selalu didengar oleh Allah SWT, dan Dia adalah Pelindung yang Maha Kuasa.Dalam melindungi diri dari sihir, kita juga harus mempraktikkan agama dengan baik, menjauhi segala bentuk syirik, dan menjalani kehidupan yang benar sesuai dengan tuntunan agama Islam.

Selain itu, berkonsultasi dengan ahli rukyah yang dapat membantu kita dalam upaya perlindungan juga bisa menjadi pilihan.Dalam semua hal, keyakinan kita pada Allah dan kuasa-Nya harus tetap teguh. Hanyalah Allah, Dzat Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu, termasuk perlindungan dari sihir. Dengan doa, tawakal, dan amal yang baik, kita dapat menjauhkan diri dari pengaruh negatif serta kejahatan baik dari jin dan manusia. Yang terakhir optimalkan ikhtiar agar dijauhkan dari segala marabahaya dengan Sedekah, karena sedekah dapat menolak bala bencana.

More
articles