Jangan Takut dan Ragu dalam Berdoa

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Tahukah sahabat, bahwa doa adalah senjatanya orang beriman? Doa juga merupakan inti sari daripada ibadah. Doa juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan, bahkan banyak dalil yang membahas tentang perintah berdoa. Dengan berdoa, artinya kita memohon kepada Allah SWT terhadap apa yang diinginkan. Karenanya, sebagai umat islam kita dianjurkan untuk selalu berdoa, di samping tidak luput juga dari usaha atau ikhtiar.

Dalam hadist, Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda:

لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمُ عَلَى اللهِ تَعَالَى مِنَ الدُّعَاءِ

“Tidak ada sesuatu yang paling mulia bagi Allah Ta’ala daripada doa.” (HR. Ahmad, Bukhari dalam Adabul Mufrad, Tirmidzi dan Hakim).

Karena banyak kemuliaan yang bisa didapatkan lewat doa-doa, maka sudah seharusnya bagi umat muslim agar lebih semangat dalam berdoa. Tidak perlu risau akan seperti apa cara Allah akan mengabulkan doa-doanya, karena itu adalah hak prerogatif Allah. Sebagaimana mengayuh sepeda, doa juga perlu diulang-ulang dengan penuh keyakinan.

Salah satu perintah berdoa dalam Al-Qur’an seperti yang terdapat dalam surat Ghafir ayat 60, artinya:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Gafir [40] Ayat 60).

Sebagaimana dalam firmanNya, Allah pasti akan memperkenankan dan mengabulkan doa-doa hambaNya. Karenanya, jangan takut untuk berdoa. Bahkan tidak ada sedikitpun kerugian dengan berdoa, justru yang diperoleh adalah limpahan kebaikan, semakin mendekatkan hati dengan Sang Pencipta serta makin mengingatkan bahwa kita hanyalah manusia yang lemah, tak berdaya, dan bukan siapa-siapa jika bukan tanpa bantuan Allah SWT.

Jadi, jangan pernah ragu untuk berdoa ya sahabat. Yuk kita perbanyak doa kepada Allah, panjatkan segala doa-doa terbaik untuk diri sendiri, keluarga, sahabat, bangsa dan agama. Semoga Allah berkenan untuk mengabulkan dengan caranya yang terindah dan di saat yang tepat. Aaamiin.

More
articles