Keistimewaan Waktu Fajar yang Sering Terlupakan
Keutamaan Lailatul Qadar

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Tersimpan keistimewaan waktu fajar yang di dalamnya menggambarkan peristiwa penting. Pada waktu fajar mempunyai waktu yang penuh keberkahan dan keutamaan. Bahkan penegasan tersebut telah diabadikan dan disebutkan dalam Al-Quran Surat ke 89 (Al-Fajr) ayat 1 sampai 4 yang berbunyi,

Surat Al Fajr dan Tentang Keistimewaan Waktu Fajar

Keistimewaan Waktu Fajar

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

وَالْفَجْرِۙ

Wal-fajr(i).

Demi waktu fajar,

وَلَيَالٍ عَشْرٍۙ

Wa layālin ‘asyr(in).

demi malam yang sepuluh,

وَّالشَّفْعِ وَالْوَتْرِۙ

Wasy-syaf‘i wal-watr(i).

demi yang genap dan yang ganjil,

وَالَّيْلِ اِذَا يَسْرِۚ

Wal-laili iżā yasr(i).dan demi malam apabila berlalu.

Keistimewaan Waktu Fajar: Ada Waktu Istimewa Dibanding Waktu Lain

keistimewaan waktu fajar

Ustadz Adi Hidayat menyampaikan bahwasanya di dalam Al-Quran kita menemukan ragam sumpah yang langsung disampaikan oleh Allah SWT. Bahkan, Allah SWT tidak bersumpah pun pasti yang difirmankan sudah penting. Adapun sumpah menegaskan tentang kesungguhan.

Ciri sumpah kalau ada di awal ayat, dibuka dengan huruf “wau” dan ujung kalimatnya yaitu harokat Kasroh. Contoh wal fajri, wal Laili, wasy syamsi. Itu disebut dengan qhasam. Artinya setelah huruf wau itu penting. Ada beberapa pendapat dari para ulama dari ayat ini. Ada 5 sumpah Allah SWT pada surat ini. Ayat-ayat di atas membahas tentang 5 waktu yang Istimewa, saking istimewanya dibuka dengan sumpah.

Keistimewaan Waktu Fajar: Momentum Terbaik Istighfar dan Bermunajat

keistimewaan waktu fajar

Para ulama setidaknya menyebutkan ada dua pemaknaan di kata fajar. Pertama, setiap waktu fajar dalam setiap hari itu penting. Karena itu Allah SWT panggil kita untuk menunaikan shalat di waktu fajar. Ada waktu-waktu di fajar yang keistimewaannya tidak ditemukan di waktu yang lain.

Allah SWT berfirman dalam Surat Az-Zariyat ayat 18,

وَبِالۡاَسۡحَارِ هُمۡ يَسۡتَغۡفِرُوۡنَ

Wa bilashaari hum yastaghfiruun

18. dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah).

Jika sudah terkoneksi dengan Allah SWT, maka ibadah akan jadi enak. Sedangkan kita diminta shalat dengan sifat qunut. Kalau mau shalat enak, jangan sekedar shalat, kalau ingin dapat ketenangan dan manfaat serta doa cepat dijawab maka khusyulah dalam shalat. Di antara caranya adalah istighfar. Sehingga sekat-sekat itu terbuka. Dan istighfar paling enak itu di waktu Sahar.

Baca juga: Janji Allah Bagi Orang yang Istighfar di Dalam Al-Quran

Keistimewaan Waktu Fajar: Shalat Sunnahnya Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

keistimewaan waktu fajar

Ada apa di fajar itu sampai-sampai dua rakaatnya lebih baik dari dunia dan seisinya?

Dalam riwayat Muslim disebutkan, “Dua rakaat sunnah Fajar lebih baik daripada dari dunia dan seisinya.” (HR. Muslim, no. 725)

Ketika orang lain tahu tentang keistimewaan waktu fajar, pasti ia akan menyiapkan persiapan sebelumnya. Fajar itu penting, jangan sampai terlewatkan untuk mengamalkannya. Waktu singkat menjelang fajar itu disebut Sahar, atau jamaknya disebut Ashar. Saat inilah waktu terbaik untuk istighfar agar hatinya lapang dan terkoneksi sempurna kepada Allah SWT. 

More
articles