Ancaman Bagi Orang Yang Tidak Membayar Zakat

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Zakat merupakan rukun Islam yang ke empat. Ini artinya merupakan kewajiban bagi setiap muslim untuk membayar zakat.

Saking wajibnya, Abu Bakar sempat memerangi mereka yang tidak membayar zakat di masa kepemimpinannya.

Alasan Abu Bakar As Shidiq bukan hanya karena itu saja. Alloh SWT juga berfirman “Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak, dan tidak menafkahkannya di jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.” (QS. At-Taubah: 34)

Bagi yang tidak membayar zakat, tidak hanya diperangi tetapi juga akan mendapat siksa di neraka nanti.

“Saya pernah berada di antara kaum Quraisy. Kemudian Abu Dzar lewat dan berkata, ‘Sampaikanlah berita gembira pada orang-orang yang menyimpan  hartanya (tidak mau membayar zakat) bahwa punggung mereka akan disulut hingga keluar dari lambungnya, dan tengkuk mereka dicos hingga keluar dari keningnya’.” (HR. Bukhari).

Selain siksa bagi mereka yang tidak membayar zakat harta. Juga ada siksaan bagi yang tidak membayar zakat ternak.

“Tidak ada pemilik unta, sapi, dan kambing yang tidak membayar zakatnya kecuali binatang-binatang tersebut datang di hari kiamat dengan postur yang sangat besar dan sangat gemuk yang mengamuki pemiliknya dengan tanduk-tanduk mereka dan menginjak-nginjaknya dengan kaki mereka. Ketika binatang yang paling belakang habis, maka yang depan kembali lagi padanya hingga pemutusan (hisab) selesai di antara manusia).” (HR. Muslim).

Bahkan seorang ulama, Muhyiddin an Nawawi mengatakan bahwa membayar zakat adalah wajib. Bagi yang tidak membayar maka berarti mengingkari kewajibannya dan dihukumi kufur

“Kewajiban zakat adalah ajaran agama Allah ta’ala yang diketahui secara pasti. Sehingga, orang yang mengingkari kewajibannya sesungguhnya telah mendustakan Allah ta’ala dan mendustakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, sehingga ia dihukumi kufur.” (Muhyiddin an-Nawawi, al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab, Mesir, al-Muniriyah, cetakan kedua, 2003, jilid V, halaman 331)

Itulah sebagian ancaman dan hukum bagi yang membangkang membayar zakat. Semoga kita sebagai muslim selalu sadar dan tergerak untuk membayar zakat.

BSM 7100 3000 14
Mandiri 167 000 2432 085
BNI Syariah 068 566 4701
BCA 066 327 1960
BRI 1623 01 000 032 307
A.n yayasan ukhuwah care indonesia
Telp. (021) 8896 0316
Hotline. 0811 9236 811
Email. [email protected]
www.https://www.ucareindonesia.org

More
articles