Hikmah di Rumah Aja Saat Pandemi

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Sahabat, ngga berasa ya kita telah melalui masa pandemi ini kurang lebih setahun? Bukan hal yang mudah memang. Cerita-cerita dibalik perjuangannya pun beraneka ragam. Berbagai hal dilakukan dengan harapan agar penularan Covid-19 bisa segera dipangkas. Di antaranya adalah dengan memberlakukan kebijakan untuk diam di rumah aja. Tak hanya itu, bahkan bekerja dan belajar pun ikut dilakukan secara online juga jarak jauh.

Bersyukurlah saat sahabat masih dapat menjalankan aktivitas dengan normal, meskipun di rumah saja. Karena betapa banyak orang-orang di luaran sana yang harus keluar untuk mencari nafkah demi memenuhi perut dan kebutuhan lainnya.

Sahabat, jangan jadikan berdiam di rumah sebagai alasan untuk mengeluh dan enggan untuk bersyukur. Karena banyak hikmah yang dapat kita ambil bersama. Apa sajakah hikmah atau pelajaran yang bisa diambil?

Pertama, makin banyak waktu untuk berkumpul dengan keluarga. Nyatanya yang selama ini sibuk berkerja di luar, semenjak WFH ayah/ibu jadi punya waktu luang untuk tetap di rumah. Disamping itu jadi punya waktu lebih luas untuk bertukar pikiran dengan orang tua, pasangan ataupun anak.

Kedua, makin kenal diri sendiri. Semenjak di rumah aja dan makin sedikit waktu untuk berkumpul dengan dunia luar, sahabat mungkin akan berpikir mencari cara terbaik untuk mengisi kegiatan harian, disamping kewajiban sekolah/kuliah/kerja. Sahabat jadi makin tahu tentang hobi dan kegiatan seperti apa yang paling “klik” untuk dilakukan di rumah.  

Ketiga, makin sadar bahwa setiap waktu terasa berharga. Kemarin sebelum corona datang, kegiatan sehari-hari seakan seperti biasa saja. Lambat laun menyadari, bahwa banyak hal yang berubah setelah pandemi datang. Hal-hal yang biasa dilakukan di luar rumah pun, lambat laun mengalami keterbatasan. Pada akhirnya, hal-hal seperti itu membuat kita sadar bahwa banyak hal begitu berharga.

Keempat, makin sadar bahwa banyak hal harus diperbaiki. Perubahan yang terjadi memang pada akhirnya membuat kita sadar bahwabeberapa hal ada yang keliru, beberapa hal ada yang kurang, beberapa hal banyak yang masih harus diperbaiki. Sekarang, sebelum terlambat, mari perbaiki segala hal yang bisa untuk segera diperbaiki.

Kini, Ucare Indonesia sebagai Lembaga Amil Zakat Kota Bekasi terus berupaya memberikan program-program terbaik untuk kebermanfaatan kaum dhuafa di Kota Bekasi. Untuk donasi, salurkan infaq terbaik melalui nomer rekening di bawah ini:

BSM 7100 3000 14

Mandiri 167 000 2432 085

BNI Syariah 068 566 4701

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Konfirmasi dan informasi ke

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. +6282223339773

Informasi lengkap dan sapa kami melalui:

Instagram : @lazucare

FB : Laz U-care ID

Twitter : LAZ Ucare

Telegram : https://t.me/UCareIndonesia

Website : https://www.ucareindonesia.org

Email : [email protected]

Youtube : Laz Ucare

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316