Infak dan Sedekah Terbaik yang Disebutkan dalam Al-Quran
cara meminta maaf kepada orang tua

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Seperti apa, kriteria infak dan sedekah terbaik sampai sesesorang dikatakan sampai pada kebajikan (yang sempurna)?

Tidak akan sampai kebaikan kecuali menginfakkan apa yang kamu cintai. Hal ini disebutkan secara jelas dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman,

لَن تَنَالُوا۟ ٱلْبِرَّ حَتَّىٰ تُنفِقُوا۟ مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنفِقُوا۟ مِن شَىْءٍ فَإِنَّ ٱللَّهَ بِهِۦ عَلِيمٌ

Arab-Latin: Lan tanālul-birra ḥattā tunfiqụ mimmā tuḥibbụn, wa mā tunfiqụ min syai`in fa innallāha bihī ‘alīm

Artinya: Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. (Surat Ali ‘Imran Ayat 92)

Kisah Abu Talhah yang Memberikan Infak dan Sedekah Terbaik

infak dan sedekah terbaik

Ada seorang sahabat nabi, Abu Talhah ra. Ia datang kepada Rasulullah, “Yaa Rasulullah telah diturunkan ayat “Lan tanalul birra hatta tunfiqu mimma tuhibbun”. Sesungguhnya harta yang paling aku cintai Ya Rasulullah adalah sebidang tanah yang ada di depan masjid yaitu Bayruha’”

Tanah yang dimaksud oleh sahabat Nabi SAW yaitu Abu Talhah ra. merupakan kebun Bernama Bayruha’ yang mana Rasulullah  SAW pun terbiasa masuk dan minum dari airnya yang segar. Dan itu adalah harta yang paling disukai Abu Talhah.

infak dan sedekah terbaik

Ayat itu, membuat Abu Talhah ra. menginfakkan hartanya berupa kebun tersebut kepada Rasulullah SAW.

“Harta yang aku cintai adalah kebun Bayruha’, aku sedekahkan kebun tersebut dengan harapan mendapatkan kebaikan sekaligus sebagai simpanan di sisi Allah. Maka ambillah dan letakkan ia di tempat yang pantas menurutmu.”

Rasulullah  SAW mengatakan “itu harta yang sangat menguntungkan sekali. Aku memandang dan berpendapat, bagikan untuk saudaramu dan karib kerabatmu saja.”

Baca juga: Bagaimana Cara Bersedekah yang Baik?

Infak dan Sedekah Terbaik untuk di Jalan Allah SWT

infak dan sedekah terbaik

Ini adalah sebuah kisah dengan faidah besar, bagaimana ketika para sahabat mendapati turun ayat langsung mempraktikkannya. Maka Abu Talhah melihat hartanya yang ia cintai untuk diinfakkan di jalan Allah.

Mereka para sahabat dan para ulama terdahulu menyadari bahwa harta yang akan mereka bawa adalah yang ia infakkan. Adapun harta hakikatnya apalah yang ia makan, yang ia pakai dan ia sedekahkan.

Sahabat Abu Talhah ra. adalah sahabat yang betul-betul tunduk kepada Rasulullah SAW. Ia infakkan apa yang ia cintai untuk kepentingan di jalan Allah. Semoga kita termasuk orang-orang yang dermawan, karena mencintai harta hanya akan mematikan hati dan melupakan kehidupan akhirat yang abadi.

Sahabat, itulah tadi kriteria infak dan sedekah terbaik yang dapat mengantarkan seorang hamba sampai pada tingkatan kebajikan (yang sempurna) yaitu dengan memberikan harta yang paling ia cintai.

More
articles