Tidak ada yang ingin menjadi orang jahat. Sudah menjadi fitrah manusia menjadi orang baik. Untuk itulah syurga dan neraka dibuat, agar manusia bisa berlomba-lomba dalam kebaikan.

Carilah keridhaanku dengan berbuat baik kepada orang-orang lemah kalian, karena kalian diberi rezeki dan ditolong disebabkan orang-orang lemah kalian.” (Dishahihkan Al-Imam Al-Albani t dalam Ash-Shahihah no. 779)

Dari hadist ini diambil kesimpulan bahwa Alloh itu ridho terhadap orang-orang yang baik. Bahkan akan diberikan rezeki yang tidak disangka-sangka oleh Alloh SWT.

Ada banyak cara menjadi orang baik. Diantaranya adalalah:

  1. Senyum

Senyum itu adalah Ibadah dan kebaikan yang paling mudah tidak hanya menciptakan perasaan yang baik dalam diri sendiri, tetapi dengan tersenyum adalah sebagian kecil dari kebaikan. Jadi semakin banyak anda tersenyum pada seseorang, maka akan semakin berlimpah kebaikan yang telah Anda rasakan.

Senyummu di depan saudaramu, adalah sedekah bagimu” (H.R. Tirmidzi).

2. Sering Menyapa

Seringlah menyapa orang lain baik dikenal maupun tak dikenal. Dengan begitu kita akan banyak teman dan menyambung silaturrahim.

3. Hindari Berkata Menyakitkan

Menghindari berkata menyakitkan adalah salah satu menjadi orang baik. Karena dengan demikian kita akan banyak teman dab terhindar dari permusuhan.

4. Belajar Berbagi

Katakanlah (wahai Nabi), ‘Sesungguhnya Rabbku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi siapa yang dikehendaki-Nya.’ Dan apa saja yang kalian nafkahkan/infakkan maka Dia akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (Saba’: 39).

Dengan belajar berbagi ada banyak caranya, seperti berdonasi untuk membantu calon-calon hafiz-hafizah cilik di rumah quran di Ukhuwah Care Indonesia.

Saat ini, sudah terbentuk 3 Rumah Qur’an dari target 12 Rumah Qur’an,yang masing-masing berada di Bekasi Utara, Rawalumbu, dan Pondok Gede.  

tps://kitabisa.com/campaign/hafizahcilik

Selain membantu calon-calon hafiz dan hafizah, kita juga bisa membantu anak-anak yatim yang berada di Saung Yatim Ukhuwah Care Indonesia.

Saung Yatim merupakan program bantuan dana serta bimbingan belajar, life skill, pendidikan karakter, dan tahsin-tahfidz Al-Qur’an untuk 100 anak yatim dengan target hafal Al-Qur’an dalam waktu setahun.

https://kitabisa.com/campaign/yatimkuat

Bagikan Informasi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •