Pentingnya Doa Anak Saleh untuk Orang Tua
Keistimewaan Dua Ayat Terakhir Al-Baqarah

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Memiliki anak saleh adalah impian setiap Muslim. Doa anak saleh juga menjadi “investasi” abadi bagi orang tuanya. Imam Muslim meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika seorang hamba telah meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalnya kecuali tiga perkara yang salah satunya adalah doa anak saleh.

Jika seorang wafat, maka terputuslah amalannya, kecuali 3 hal: sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Muslim No. 1631)


Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak

Doa Anak Saleh

Sebagai orang tua seringkali yang dipikirkan adalah tentang warisan terpenting yang bisa ditinggalkan kepada anak-anak mereka. Sehingga, dengan seluruh perjuangan dan usaha keras anak-anak diberikan pendidikan terbaik, dipenuhinya kebutuhan fisik dan emosional, serta dibekali nilai-nilai moral yang kuat kepada anak-anak mereka. Namun, kepentingan dari itu semua adalah membekali anak-anak keturunan dengan bekal iman dan pengetahun agama sebagai bekal mengarungi hidup demi selamatnya dunia dan akhirat mereka. Sehingga doa anak saleh akan sampai juga untuk orang tuanya.

Maksud dari Anak Saleh

Menurut KBBI, saleh adalah : (1) taat dan sungguh-sungguh menjalankan ibadah; (2) suci dan beriman; sedangkan kesalehan adalah ketaatan (kepatuhan) dalam menjalankan ibadah; kesungguhan menunaikan ajaran agama.

Anak saleh adalah anak yang taat kepada Allah SWT, menghormati kedua orang tuanya, dan berbuat baik kepada sesama. Mereka menjadi individu yang memiliki sikap dan perilaku yang baik, mempraktikkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari, dan berusaha untuk selalu berbuat baik kepada orang lain tanpa memandang status sosialnya.

Doa Anak Saleh

Maka doa anak saleh adalah doa-doa kebaikan yang dipanjatkan dari anak-anak saleh yang berkpribadian baik dan berakhlak mulia baik kepada Allah SWT ataupun kepada sesama manusia untuk orang tua mereka. Seperti doa kebaikan agar selamat dunia akhirat, doa dijauhkan dari siksa kubur, doa dijauhkan dari siksa api neraka, doa agar diberikan tempat terbaik di sisi Allah Azza Wa Jalla.

Baca juga: 3 Doa Ketika Sujud yang Jangan Dilewatkan!

Doa Anak Saleh Menjadi Amal Jariyah

Cara Menyambut Ramadan

Dalam Islam, konsep amal jariyah mengacu pada amal perbuatan baik yang terus memberikan manfaat sekalipun orang tersebut telah meninggal dunia. Anak saleh adalah salah satu bentuk amal jariyah yang paling penting bagi orang tua. Ketika seorang anak saleh melakukan perbuatan baik, pahalanya akan terus mengalir kepada orang tua mereka, baik ketika mereka masih hidup maupun setelah mereka tiada dari dunia.

Anak Saleh: Investasi Abadi yang Begitu Berharga

Setiap orang pastu mendambakan keturunan yang baik lagi saleh. Keturunan yang baik (saleh) merupakan sebuah nikmat yang besar. Oleh karena itu, kewajiban sebagai orang tua adalah mendidiknya dengan baik dan memberikan asupan dari makanan minuman yang halal dan tayib.

Kebaikan dari Memiliki Anak Saleh

doa anak saleh

1. Amal Jariyah yang Terus Mengalir: Orang tua yang mendidik anak-anak mereka untuk menjadi anak saleh, secara tidak langsung mereka juga sedang menanamkan investasi abadai. Doa orang tua untuk keselamatan dan keberhasilan anak-anak mereka adalah salah satu doa yang paling mustajab (dikabulkan). Kemudian ketika anak-anak menjadi saleh, mereka terus mendoakan orang tua mereka, ini juga menjadi amal jariyah bagi orang tuanya.

2. Kebaikan yang Terus Berlipat Ganda: Setiap perbuatan baik yang dilakukan oleh seorang anak saleh akan menjadi sumber kebaikan yang tidak pernah putus. Dari membantu orang lain hingga menunaikan kewajiban agama dengan baik, maka setiap perbuatan positif anak saleh akan memberikan manfaat baik untuk dirinya atau pun orang tuanya.

3. Menjadi Figur Keteladanan untuk Masa Mendatang: Anak saleh tidak hanya menjadi sumber kebaikan bagi orang tua mereka, tetapi mereka juga menjadi teladan bagi generasi berikutnya. InsyaAllah bila orang tua mendidik anak-anak mereka dengan nilai-nilai agama yang baik dan dipraktikkan oleh anaknya dalam kehidupan sehari-hari, maka keturunannya pun akan mengajarkan kebaikan untuk generasi mendatang.

Menanam Kebaikan Lewat Pengajaran

doa anak saleh

Mendidik anak menjadi anak saleh memang bukan tugas yang mudah. Dibutuhkan kesabaran, keteladanan, dan investasi waktu yang besar. Namun, hasil akhirnya adalah investasi yang tak ternilai harganya bagi orang tua. Seorang anak saleh bukan hanya menjadi kebanggaan dalam kehidupan dunia, tetapi juga menjadi investasi abadi yang akan terus memberikan manfaat di akhirat.

Sebagai orang tua, mari kita terus berdoa dan berusaha keras untuk mendidik anak-anak kita menjadi generasi yang bertakwa dan taat kepada Allah, serta berakhlak terpuji terhadapd   sesama. Dengan begitu, kita tidak hanya meninggalkan warisan yang berharga di dunia ini, tetapi juga mempersiapkan bekal untuk kehidupan abadi di akhirat. Anak saleh adalah amal jariyah yang terus mengalir, menghasilkan kebaikan yang tak terhingga bagi orang tua mereka, bahkan setelah mereka pergi.

Jadikan sempurna doa anak saleh dengan sedekah terbaik untuk orang tua: https://bantusesama.co/SedekahOrangTua

More
articles