Tolak Bala dengan Sedekah

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Indonesia tengah diuji. belum juga selesai persoalan Covid-19 yang bahkan kasusnya tercatat mengalami peningkatan. Bahkah hingga pertengahan Januari 2021 angka yang terkonfirmasi positif melesat tajam. Namun belum selesai satu bulan pertama di 2021, Bumi Pertiwi harus menghadapi musibah dan bencana alam yang bertubi-tubi.

Tercatat pada 9 Januari 2021 lalu, kepedihan dirasakan saat berita jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Potianak yang hilang di perairan Kepulauan Seribu. Masih di tengah suasana duka, pada hari yang sama bencana longsor menimpa desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Belum pulih keadaan, kemudian beberapa ulama meninggal dunia. Salah satunya adalah Syekh Ali Jaber, seorang ulama besar yang dikenal membumikan Al Quran ke dalam jiwa-jiwa setiap muslim. Kemudian disusul dengan terjadinya gempa yang mengguncang Majene, Sulawesi Barat yang berkekuatan 6,2 Sr. Yang mengakibatkan banyak korban jiwa serta bangunan yang porak poranda.

Kemudian pada 16 Januari 2021, Gunung Semeru pun menumpahkan “isi perutnya”. Gunung Semeru meletus dan membuat masyarakat sekitar harus mengungsi dan menjauhi kediaman mereka untuk menyelamatkan diri.

Atas musibah yang datang bertubi-tubi, tentu ada maksud serta hikmah yang bisa kita ambil. Kita pahami dan jadikan pelajaran. Dalam hal ini, Allah SWT telah membahas dalam Al Quran…

Yang artinya, “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. Ar Rum: 41)

Bisa menjadi bahan renungan kita bersama mungkin selama ini kita telah banyak merusak alam dengan sadar ataupun tanpa sadar. Kita telah melakukan banyak kesalahan dan kehilafan yang sekiranya mengundang murka Allah Ta’ala. Sehingga Allah berikan peringatan melalui alamNya agar para makhluk-makhlukNya mengambil hikmah dan pelajaran. Menjadikan apa yang telah terjadi di bumi dan di langit untuk dijadikan bahan renungan bersama.

Namun, tahukah sahabat Ucare bahwa sedekah dapat menolak bencana?

Rasulullah saw bersabda: “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.” (HR. Baihaqi)

Selain dapat menolak bala atau musibah, bersedekah juga mengandung banyak nilai kebaikan. Tidak hanya untuk yang bersedekah tapi juga untuk yang menerimanya. Bersedekah mengandung sejuta kebaikan yang tak bisa diterjemahkan dengan kata-kata, namun dapat dirasakan oleh mereka yang menunaikannya.

Sekarang di tengah musibah yang terjadi saat ini, kita tentu berharap kondisi negeri ini bisa pulih dan kembali seperti sedia kala. Sebagai manusia yang bergantung kepada Allah Ta’ala, tentu kita berharap agar semuanya bisa pulih dan aktivitas masyarakat di seluruh Indonesia bisa kembali membaik dari segala sisinya.

Ya Allah, jauhkan musibah dan bala bencana dari negeri yang kami cintai ini. Ampunilah dosa kami Ya Allah.

Bismillah, yuk sahabat bisa mulai tingkatkan amaliyah sedekah dari sekarang melalui di LAZ Ucare Indonesia.

BSM 7100 3000 14

Mandiri 167 000 2432 085

BNI Syariah 068 566 4701

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Konfirmasi dan informasi ke

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. +6282223339773

Informasi lengkap dan sapa kami melalui:

Instagram : @lazucare

FB : Laz U-care ID

Twitter : LAZ Ucare

Telegram : https://t.me/UCareIndonesia

Website : https://www.ucareindonesia.org

Email : [email protected]

Youtube : Laz Ucare

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316