13 Keutamaan Membaca Al Quran
4 Bulan Haram

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

“Sudah membaca Al quran berapa kali kah hari ini? Yuk, cari tahu keutamaan membaca Al quran agar semakin semangat membaca, memahami, serta mengamalkannya!”

Membaca Qur’an adalah ibadah yang istimewa juga menjadi amalan oleh Allah Swt. Maka, sebagai seorang muslim hendaknya kita bersungguh-sungguh untuk mengoptimalkan waktu dalam membaca Qur’an dengan baik dan benar. Sebagai amalan yang istimewa, membaca Quran juga memiliki keutamaan yang bisa diperoleh bila seorang muslim selalu membaca Qur’an.

13 Keutamaan Membaca Al Quran

keutamaan membaca al quran

1. Disediakan tempat terbaik di surga bersama malaikat yang suci. Sebagaimana sabda Rasulullah saw., Orang yang pandai membaca Al-Qur’an akan ditempatkan bersama kelompok para malaikat yang mulia dan terpuji. Adapun orang yang terbata-bata dan sulit membacanya akan mendapat dua pahala. (HR. Bukhari dan Muslim)

 

2. Akan mendapat syafaat (pertolongan) pada hari kiamat. Tidak hanya membaca, tetapi juga bagi yang mengamalkannya selama masih hidup. Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat nanti memberi syafaat bagi orang yang membaca. (HR.Muslim)

 

3. Satu huruf Al-Qur’an yang kita baca akan mendatangkan sepuluh kebaikan.

Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dari huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi aif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf. (HR. Tirmidzi)

 

4. Membaca Al-Qur’an itu sedekah.

Rasulullah saw., bersabda: Orang yang membaca Al-Qur’an terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, dan orang yang membaca Al-Qur’an secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi. (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i)

Keutamaan Membaca Al Quran

Keutamaan Membaca Al Quran

5. Orang yang membaca Al-Qur’an adalah orang yang terbaik di sisi Allah Swt.

Sebagaimana dalam hadist Nabi SAW, Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan yang melarangnya. (HR.Bukhari)

 

6. Mendapat rahmat dan ketenangan. Rasulullah saw., bersabda:

Tidaklah berkumpul sebuah kaum di salah satu rumah Allah, mereka membaca kitab Allah dan mempelajarinya, kecuali akan turun ketenteraman kepada mereka, diliputi oleh rahmat, dikelilingi para malaikat, dan Allah akan menyebut mereka ke hadapan makhluk di sisi-Nya. (HR.Muslim)

 

7. Orang yang membaca Al-Qur’an akan ditinggikan derajatnya oleh Allah. Rasulullah saw., bersabda: Akan dikatakan kepada pembaca Al-Qur’an: Bacalah dan naiklah (ke derajat yang tinggi), serta tartilkanlah sebagaimana kamu menartilkannya ketika di dunia, karena kedudukanmu pada akhir ayat yang kamu baca. (HR. Tirmidzi)

 

8. Menjadi keluarganya Allah. Rasulullah saw., bersabda: Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia. Beliau ditanya, ‘Siapa mereka wahai Rasulullah.’ Beliau saw., menjawab, ‘Mereka adalah ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya.’ (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

 

9. Mukmin yang membaca Al-Qur’an seperti buah utrujjah. Rasulullah saw., bersabda:

Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al-Qur’an adalah seperti buah utrujjah; aromanya wangi dan rasanya enak. Orang mukmin yang tidak membaca Al-Qur’an ialah seperti buah kurma; tidak ada wanginya, tapi rasanya manis. Orang munafik yang membaca Al-Qur’an adalah seperti tumbuhan raihaanah (kemangi); aromanya wangi, tapi rasanya pahit, sedangkan orang munafik yang tidak membaca Al-Qur’an ialah seperti tumbuhan hanzhalah; tidak ada wanginya dan rasanya pahit. (HR. Bukhari dan Muslim)

 

10.Yang membaca Al-Qur’an akan mendapat pahala yang berlipat ganda. Rasulullah saw., bersabda: Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam, dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam. (HR. Ahmad)

 

11. Al-Qur’an adalah ‘tali’ Allah.

Sebagaimana kata-kata Ali bin Abi Thalib: Al-Qur’an adalah kitabullah di dalamnya terdapat berita generasi sebelum kalian, berita yang akan terjadi setelah kalian dan sebagai hukum di antara kalian. Al-Qur’an adalah keputusan yang serius, bukan main-main. Barangsiapa meninggalkannya dengan sombong pasti dibinasakan Allah. Barangsiapa mencari petunjuk kepada selainnya pasti di sesatkan Allah. Dia-lah ‘tali’ Allah yang kokoh, peringatan yang bijaksana, dan jalan yang lurus.

 

Jin saja tidak berhenti mendengar Al-Qur’an sehingga mereka mengatakan: Sungguh, kami mendengar Al-Qur’an yang penuh keajaiban, menunjukkan ke jalan yang lurus, maka kami beriman kepadanya. Barangsiapa yang berkata dengannya pasti benar, barangsiapa beramal dengannya pasti diberi pahala, barangsiapa berhukum dengannya pastilah adil, dan barangsiapa mengajaknya pastilah ditunjuki ke jalan yang lurus.

Keutamaan Membaca Al Quran

Keutamaan Membaca Al Quran

  1. Perniagaan yang tidak pernah merugi adalah membaca Al-Qur’an.

Seperti disampaikan melalui firmanNya dalam surah Faathir ayat 29-30:

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.

 

Maksud dari perniagaan yang tidak akan merugi adalah 1 huruf Al-Qur’an dibalas dengan 1 kebaikan. Dan 1 kebaikan akan dilipatgandakan oleh Allah dengan 10 kebaikan. Segala kebaikan itu akan menghapus kesalahan yang telah kita lakukan serta semakin bertambah pahala Allah. Yang pasti, karena mata manusia memiliki banyak kekurangan dalam melihat pahala, alangkah bijaknya jika kita terus belajar Al-Qur’an dengan memperhatikan bacaannya sudah benar atau belum.

Baca juga: 10 Waktu yang Dianjurkan untuk Perbanyak Sholawat

13. Yang membaca dan menghafalkan Al-Qur’an akan mendapatkan kemuliaan dari sisi Allah. Para penghafal Al-Qur’an mendapatkan kemuliaan karena:

keutamaan membaca al quran

  1. Mereka akan ditempatkan di tempat terbaik di tengah masyarakat dan sangat dihormati.

 

  1. Bagi laki-laki penghafal Al-Qur’an, ia lebih berhak untuk mengimami shalat.

 

  1. Mudah dipercayai suatu urusan penting seperti menjadi petunjuk jalan saat bepergian atau me- mimpin organisasi.

 

Referensi: Khaerani, Ulfah; 2017, Bingkisan Cantik untuk Ibu Hamil, Jakarta: PT Elex Media Komputindo

More
articles