3 Adab Berbuka Puasa Ala Rasulullah

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

[vc_row][vc_column][vc_single_image image=”10422″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinantikan seluruh umat islam. Tiap waktunya mengandung banyak kemuliaan. Paginya shiyam. Malamnya qhiyam. Menjadi saat-saat yang tepat untuk giat melakukan amal sholeh. Menebar kebaikan. Melakukan kemaslahatan. Dan menabur amaliah Ramadhan dengan penuh kekhusyuan.

 

Di bulan Ramadhan, waktu menjelang berbuka puasa adalah saat-saat paling dinantikan. Pada waktu tersebut adalah waktu-waktu yang penuh dengan kebahagiaan. Untuk menyempurnakan kebahagiaan itu, alangkah baiknya kita sempurnakan dengan memperhatikan adab berbuka puasa sebagaimana yang telah Rasulullah SAW contohkan:

 

Nah, apa saja sih adab berbuka puasa yang telah Rasulullah ajarkan dan harus kita laksanakan:

 

1. Berdoa Sebelum Berbuka Puasa

Adab pertama yang harus diperhatikan adalah jangan lupa untuk membaca doa sebelum berbuka puasa. Pada waktu-waktu tersebut menjadi moment terbaik yang jangan dilewatkan untuk berdoa. Sebisa mungkin urusan dunia sudah tidak menyibukkan kita. Karena sayang sekali jika dilewatkan waktu berbuka tanpa berdoa. Apalagi waktu berbuka puasa adalah waktu terbaik dimana pada saat itu doa tidak tertolak. Sebagaimana dalam hadist, Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya doa orang yang berpuasa pada waktu berbuka itu tidak ditolak.” (HR. Ibnu Majah)

 

2.Bersegera dalam Berbuka Puasa

Adab kedua yang harus dilakukan adalah menyegerakan berbuka puasa ketika waktunya telah tiba. Jangan sampai, sudah terdengar kumandang azan maghrib tapi masih sibuk dengan urusan dunia lainnya. Dan enggan untuk menyegerakan berbuka.

 

Padahal dalam sebuah hadist qudsi disebutkan, Rasulullah SAW menegaskan firman Allah, artinya: “Sesungguhnya hamba-hambaKu yang paling Kucintai ialah yang lebih menyegerakan berbuka puasa.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

 

Selain itu, dalam hadist lain diriwayatkan bahwa Sahl bin Sa’d radhiallahu ‘anhu menjelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Senantiasa manusia berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan buka puasa.” (HR. Bukhari Muslim)

 

3.Berbukalah dengan Kurma

Ramadhan memang identik dengan buah kurma. Makanan yang jadi icon di bulan Ramadhan ini memang tidak bisa dipisahkan bagi kaum muslim yang berbuka puasa. Bukan karena sebuah keharusan, namun ini lebih kepada anjuran dari baginda Nabi agar bagi umat muslim yang berpuasa untuk berbuka dengan buah yang manis dan berkhasiat ini.

 

Diriwayatkan dari Abu Daud dan Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda: “Apabila seorang dari kalian berbuka puasa, hendaklah dia berbuka dengan kurma. Sesungguhnya, kurma itu adalah (mengandung) berkah. Apabila tidak mendapatkan kurma, maka hendaklah dia berbuka dengan air. Sesungguhnya air itu suci.”

 

Nah, itu dia beberapa adab berbuka puasa sebagaimana yang telah Rasulullah SAW ajarkan. Yuk sahabat, kita perhatikan lagi 3 adab tersebut yaitu: berdoa, menyegerakan dan berbuka dengan buah kurma.

 

Moment yang tepat untuk kita banyak doa dan mohon ampun kepadaNya. Oya, jangan lupa ya untuk berdoa agar bumi ini bisa berseri kembali dan agar pandemi segera usai. Agar aktivitas kita semua kembali membaik seperti sedia kala.. aaamiin.

 

 [/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

More
articles