5 Peristiwa penting di Bulan Rajab, Apa Saja?
5 Peristiwa Penting di Bulan Rajab

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Tahukah sahabat, apa saja 5 peristiwa penting di bulan Rajab?


Rajab yang merupakan bulan ketujuh dalam kalender Hijriah menyimpan sejumlah peristiwa penting yang perlu diketahui oleh umat Islam. Berbagai peristiwa di bulan Rajab ini dinilai mempunyai makna masing-masing yang dapat menambah keimanan serta wawasan keislaman umat.

5 Peristiwa Penting di Bulan Rajab

Berikut adalah 5 peristiwa penting di bulan Rajab, yaitu:

1.Peristiwa Isra’ Miraj

5 peristiwa penting di bulan rajab

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, artinya: “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” ( QS. Al Isra: 1)

Di bulan Rajab terjadi peristiwa Isra’ Miraj yang merupakan perjalanan agung Rasulullah SAW dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Al Aqsha. Perjalanan ini bermaksud untuk menghibur hati Nabi Muhammad SAW yang tengah berduka karena ditinggal wafat oleh paman, istri dan dakwahnya di kota Thaif yang ditolak.

2. Bermula adanya perintah shalat 5 waktu
Kewajiban salat lima waktu bagi umat Islam diterima saat Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan suci Isra Miraj. Peristiwa Isra’ Miraj menghadirkan turunnya perintah shalat 5 waktu bagi umat Nabi Muhammad SAW. Pada awalnya diperintahkan 50 kali. Namun, setiap kali Rasulullah bertemu Musa, beliau diingatkan untuk memohon keringanan kembali karena dikhawatirkan umat Nabi Muhammad SAW tidak sanggup menunaikannya secara penuh. Hingga akhirnya Allah SWT menurunkan menjadi 5 kali waktu shalat wajib. Inilah perintah penting yang dibawa dalam peristiwa Isra’ Miraj.

Baca juga: Inilah 6 Keistimewaan Bulan Rajab yang Perlu Diketahui

3. Terjadinya perubahan arah kiblat

5 peristiwa penting di bulan rajab


Pada awalnya kiblat itu mengarah ke Masjidil Al Aqsha. Kemudian terjadinya perubahan. Dan pada pertengahan bulan Rajab tahun kedua hijrah, Allah memerintahkan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk merubah arah kiblat shalat beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam dari arah Baitul Maqdis ke arah Ka’bah di Makkah, kiblat Nabi Ibrahim Alaihissallam dan Ismail Alaihissallam.

Perubahan arah kiblat terjadi di bulan Rajab. Saat di Mekkah, Rasulullah dikisahkan mengambil posisi sedemikian rupa sehingga tidak membelakangi Kabbah dengan wajah yang menghadap Masjidil Al Aqsha. Di antara faktor utama perubahan arah kiblat adalah konflik yang terjadi antara muslim dengan kelompok yang menentang ajaran Islam. Kelompok tersebut menganggap ajaran Islam sama dengan mereka karena arah dan cara ibadah yang serupa.

4. Pembebasan Baitul Maqdis
Pembebasan Baitul Maqdis oleh Shalahuddin Al Ayyubi juga terjadi di bulan Rajab. Sultan Salahuddin Al-Ayyubi berhasil membebaskan Baitul Maqdis dan mengalahkan pasukan Salib. Salahuddin Al-Ayyubi bersama pasukan umat Islam mengepung kota Yerusalem untuk membebaskan Baitul Maqdis.

Salah satu jasa Shalahuddin Al-Ayyubi yang amat besar adalah pembebasan Baitul Maqdis di bulan Rajab dari tangan Tentara Salib. Peristiwa ini terjadi tepatnya pada tanggal 27 Rajab, 583 H/1187 M, pada periode reaksi umat Islam. Shalahuddin Al-Ayyubi berhasil merebut kembali Yerusalem ke tangan umat Islam. Hal ini membuat penguasa Eropa menggencarkan kembali ekspedisi militer Perang Salib III. (detik.com)

5. Perang Tabuk

5 peristiwa penting di bulan rajab


Perang Tabuk terjadi di bulan Rajab. Perang ini menjadi perang terakhir yang diikuti oleh Rasulullah SAW. Perang Tabuk merupakan perang antara tentara Muslim melawan imperium Romawi. Perang ini terjadi pada bulan Rajab 9 H dan berakhir pada bulan Ramadhan di tahun yang sama. Perang antara kaum muslimin dan bangsa romawi tersebut berhasil dimenangkan oleh kaum muslimin. Meski dalam keadaan yang sulit, mereka berhasil memenangkan peperangan tersebut.

Ringkas hikayat, pihak musuh mengajak berdamai dengan membayar upeti. Dengan ini, kemenangan berada di pihak kaum Muslim, kendati tidak sampai terjadi pertempuran. Sejak saat itu, pasukan Muslim semakin digdaya karena berhasil mengalahkan imperium raksasa Romawi. Kabilah-kabilah Arab yang sebelumnya mendukung Romawi pun kini bergabung bersama pasukan Muslim. (Safyurrahman al-Mubarakfuri, h. 365-366)

Sahabat, itulah tadi beberapa informasi seputar 5 peristiwa penting di bulan Rajab yang perlu diketahui.

More
articles