7 Amalan Sunnah di Hari Jumat, Raih Keberkahan Tanpa Batas
hikmah hari jumat

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Untuk meraih kemuliaan di hari Jumat, maka seorang muslim dapat mengoptimalkan dengan amalan sunnah di hari Jumat. Hari Jumat memiliki kedudukan istimewa dalam Islam. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam mengajarkan kepada umatnya beberapa amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari Jumat. Dengan melaksanakannya, umat muslim dapat meraih berbagai keberkahan dan mendekatkan diri kepada Allah.


Apa Saja Amalan Sunnah di Hari Jumat?

Amalan Sunnah di Hari Jumat

Cari tahu 7 amalan sunnah di hari Jumat yang patut diamalkan

  1. Mandi pada hari Jumat

Salah satu amalan sunnah yang paling utama di hari Jumat adalah mandi pada hari Jumat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Apabila seseorang mandi pada hari Jum’at, dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak dan harum-haruman dari rumahnya kemudian ia keluar rumah, lantas ia tidak memisahkan di antara dua orang, kemudian ia mengerjakan shalat yang diwajibkan, dan ketika imam berkhutbah, ia pun diam, maka ia akan mendapatkan ampunan antara Jum’at yang satu dan Jum’at lainnya.” (HR. Bukhari no. 883)
Mandi Jumat adalah sarana untuk membersihkan diri dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

  1. Membaca Surah Al-Kahf

Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya untuk membaca Surah Al-Kahf (Surah ke-18 dalam Al-Quran) pada hari Jumat. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahf pada hari Jumat, akan menerangi dirinya di antara dua Jumat.” (HR. Al-Hakim) Membaca Surah Al-Kahf adalah amalan yang membawa keberkahan dan mendatangkan cahaya pada hidup kita.

Amalan Sunnah di Hari Jumat
  1. Memberi Sedekah

Memberikan sedekah, terutama pada hari Jumat, adalah amalan yang sangat dianjurkan. Sesuai dengan hadist Nabi SAW, “Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari Jum’at (yakni bila sedekah itu pada hari Jumat maka pahala berlipat ganda dari lain-lain hari)” (HR. Abi Syaibah)
Memberikan sedekah pada hari Jumat adalah cara untuk memperoleh pahala yang besar dan meningkatkan keberkahan dalam harta.

Baca juga: Anjuran Bersedekah di Hari Jumat, Yuk Ambil Kesempatannya!

  1. Membaca Surah Ad-Dukhan dan Al-Kahf

Selain membaca Surah Al-Kahf, Rasulullah SAW juga menunjukkan bahwa membaca Surah Al-Dukhan (Surah ke-44 dalam Al-Quran) pada hari Jumat memiliki keutamaan. Dari hadis riwayat Imam Tirmizi disebutkan bahwa Nabi Saw bersabda; “Barangsiapa membaca Ha Mim al-Dukhan (surah al-Dukhan) pada malam Jumat, maka dosa-dosanya akan diampuni”
Kedua surah ini memiliki keberkahan khusus pada hari Jumat.

  1. Perbanyak Shalawat kepada Nabi

Mengirimkan shalawat (doa dan pujian) kepada Nabi Muhammad SAW adalah amalan yang dianjurkan setiap saat, termasuk di hari Jumat. Rasulullah SAW bersabda, ” “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Hadits ini hasan ligoirihi –yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya-)

  1. Berdoa Pada Saat Hari Jumat
amalan sunnah di hari jumat

Dalam hari Jumat, terdapat waktu-waktu mustajab (dikabulkan) untuk berdoa. Salah satu waktu tersebut adalah ketika imam masjid berdiri untuk berkhutbah sebelum shalat Jumat dimulai. Rasulullah SAW bersabda, “Dua waktu ketika doa tidak ditolak: ketika hujan turun dan pada saat berkhutbah.” (HR. Al-Hakim) Momen ini adalah kesempatan untuk menghadap Allah dengan doa-doa yang tulus.

  1. Membersihkan Diri dan Mengenakan Pakaian Terbaik

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membersihkan diri dan mengenakan pakaian terbaik sebelum pergi ke masjid untuk shalat Jumat. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Jika seseorang di antara kalian mandi pada hari Jumat, lalu membersihkan dirinya sebersih mungkin, kemudian mengoleskan minyak wangi atau setidak-tidaknya harum-haruman, lalu berangkat ke masjid, janganlah dia memisahkan antara dua orang, kemudian dia shalat (sunah) apa yang dia mampu shalat, lalu diam dengan tenang dan mendengarkan, karena setiap langkah yang dia tempuh akan menghapuskan dosa, dan dengan setiap langkah yang dia tempuh akan ditinggikan derajatnya.” (HR. Muslim) Membersihkan diri dan berpenampilan terbaik adalah tanda penghormatan terhadap tempat ibadah dan kekhususan hari Jumat.

Amalan Sunnah di Hari Jumat, Mengejar Ampunan dan Rahmat

amalan sunnah di hari jumat

Amalan-amalan sunnah di hari Jumat adalah cara-cara untuk mendekatkan diri kepada Allah, mencari pahala, dan meningkatkan keberkahan dalam kehidupan kita. Melalui pelaksanaan amalan-amalan ini, kita dapat merasakan kehangatan spiritual, mendapatkan pengampunan dosa, dan meraih pahala yang besar. Hari Jumat adalah kesempatan emas untuk meningkatkan ibadah dan keimanan kita, serta meraih keberkahan dalam hidup.

Semoga dengan menjalankan amalan-amalan sunnah ini, kita dapat memperkuat hubungan kita dengan Allah dan meraih manfaat yang abadi.

More
articles