7 Golongan Orang yang Doanya Cepat Terkabul
Dzikir Pagi dan Petang

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

“Siapa saja golongan-golongan orang yang doanya cepat terkabul?”

Janji Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah pasti. Sebab, Allah tidak akan pernah ingkar janji kepada para hamba-Nya.  Jika Allah sudah berjanji akan mengabulkan do akita, maka pastilah Allah Subhanahu Wa Ta’ala  akan memenuhinya. Namun, yang sering kita lupa, bahwa janji Allah akan dipenuhi manakala kita sebagai hambanya juga sudah memenuhi semua persyaratan yang telah diberlakukan-Nya kepada kita.

 

Setiap doa pasti akan dikabulkan oleh Allah SAW. Namun, ada doa-doa yang pengabulannya dipercepat oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Inilah doa yang dipanjatkan oleh orang-orang yang istimewa. Sehingga doanya pun menjadi sangat istimewa.

 Inilah 7 golongan orang yang doanya cepat terkabul

golongan orang yang doanya cepat terkabul 1 (1)

Lalu, siapakah orang-orang istimewa ini?

  1. Doa orang-orang yang sedang kepepet atau berada dalam kesusahan

Orang-orang yang sedang dalam keadaan kepepet atau sedang dalam kesusahan, selama ia tidak berputs as ajika berdoa kepada Allah SWT pasti akan dikabulkan. Allah Ta’ala pasti akan membukakan jalan kemudahan baginya, melapangkan dadanya, dan memberikan kebahagiaan setelah kesusahannya.

 

FirmanNya, artinya: “Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya).” (QS. An-Naml: 62)

 

  1. Doa orang yang terzalimi

Doa seseorang yang diperlakukan dengan zalim adalah mustajab. Karena itu berhati-hatilah agar tidak menzalimi orang lain.

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu’anhu yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah mengutus Mu’adz bin Jabal radhiyallahu’anhu untuk berdakwah ke negeri Yaman. Rasulullah SAW bersabda,

Wahai Mu’adz, berhati-hatilah engkau dengan orang yang terzalimi, sebab tidak ada penghalang antara doanya dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

  1. Doa seorang anak yang berbakti kepada kedua orangtuanya

Salah satu doa yang akan cepat dikabulkan oleh Allah SWT adalah doa anak yang berbakti kepada kedua orangtuanya.

Dari Abu Hurairah ra, berkata bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda:

Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala benar-benar akan meninggikan derajat seseorang, kemudian orang yang bersangkutan berkata, “Wahai Rabb, gerangan apakah yang menyebabkan hamba bisa meraih derajat setinggi ini?” Allah Ta’ala berfirman, “Berkat doa anakmu untukmu.” (HR. Al-Baihaqi)

 

  1. Doa orangtua kepada anak-anaknya

Doa kedua orangtua kita adalah doa yang mustajab. Jika mereka meminta kepada Allah Ta’ala pasti akan dikabulkan. Apalagi doanya ibu, doanya lebih cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

golongan orang yang doanya cepat terkabul 1 (1)

Rasulullah SAW bersabda, artinya: “Tiga golonga yang doanya mustajab dan tidak diragukan lagi kedahsyatannya adalah: doa orangtua kepada anak-anaknya; doa seorang musafir (orang yang dalam  perjalanan); dan doa orang yang terzalimi.” (HR. Imam Thabrani)

Baca juga: Wajib Coba! Cara Cepat Terkabulnya Doa

  1. Doa orang yang dicintai dan diridhai Allah SWT

Seseorang akan mendapatkan cinta dan ridha Allah hanyalah mereka yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, mengerjakan semua perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. Jika Allah sudah mencintai hamba, maka Dia akan memenuhi semua yang diminta oleh hamba tersebut. Termasuk doanya akan cepat dikabulkan oleh Allah Ta’ala.

 

  1. Doa seorang muslim kepada muslim lainnya tanpa sepengetahuannya

Salah satu amalan yang mengundan banjir pahala adalah saling mendoakan dalam kebaikan. Doa seorang muslim kepada muslim lainnya adalah mustajab.

golongan orang yang doanya cepat terkabul 3 (1)

Rasulullah SAW bersabda, artinya: “Tidaklah seorang muslim mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang didoakan, melainkan malaikat akan menyahut, ‘Semoga engkau juga memperoleh hal yang sama.” (HR. Imam Muslim)

 

  1. Doa orang yang berhaji, umrah, dan berperang di jalan Allah

Doa orang-orang yang taak kepada Allah adalah doa yang mustajab. Termasuk mereka yang melaksanakan haji, umrah dan tengah melakukan dakwah untuk menyebarkan agama islam. Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan mempercepat pengabulan doanya dan memberikan kebaikan kepadanya.

 

Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang berperang di jalan Allah Ta’ala, orang yang menunaikan ibadah haji, dan orang yang menunaikan ibadah unrah, mereka adalah utusan-utusan yang menghadap kepada Allah Ta’ala. Mereka dipanggil oleh Allah Ta’ala kemudian mereka memenuhi panggilanNya, dan mereka pun meminta kepada Allah Ta’ala, maka Allah memberikan semua yang mereka minta.” (HR. Ibnu Majah)

Golongan orang yang doanya cepat terkabul sebab iman dan takwanya

Itulah golongan-golongan orang yang doanya cepat terkabul. Doa mereka adalah doa yang mustajab. Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan mempercepat pengabulan doanya. Adapun kunci agar do akita mustajab adalah dengan menjaga keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Ta’ala.

 

Referensi: Musyafa, Haidar. 2014. Hidup Berkah dengan Doa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

More
articles