Amalan yang Bisa Dilakukan pada Malam Lailatul Qadar

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Tanpa terasa, kini tengah berjalan di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Rasanya masih banyak amalan yang harus ditingkatkan lebih baik lagi. Karena di sepuluh hari terakhir inilah, momentum yang tak boleh dilewatkan karena ada keberkahan Lailatul Qadar di dalamnya.

Apa itu malam Lailatul Qadar?

Allah SWT berfirman, artinya: “Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur’an pada malam Lailatul Qadar, tahukah engkau apakah malam Lailatul Qadar itu? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turunlah melaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa) segala usrusan, selamatlah malam itu hingga terbit fajar” [Al-Qadar [97]: 1-5]

Memang tidak ada yang tahu secara pasti, kapan malam Lailatul Qadar itu terjadi. Namun, berdasarkan hadits Aisyah Radhiyallahu ‘anha, dia berkata Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terkahir bulan Ramadhan dan beliau bersabda.

Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” (HR. Bukhari 4/225 dan Muslim 1169)

Agar dapat keberkahannya, banyak amalan yang bisa dilakukan. Seperti berdzikir, bangun dan melaksanakan shalat malam, bersedekah, membaca Al-Qur’an, memohon ampun kepada Allah dan banyak berdoa. Sebab, malam lailatul qadar termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa.

Berikut adalah doa yang Rasulullah anjurkan di malam Lailatul Qadar,


اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي
Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwan fa’fu ‘anni
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau menyukai maaf, maka maafkan aku.”

Banyak berdoa, menjadi amalan yang bisa dilakukan. Tapi masih banyak lagi amalan yang bisa sahabat lakukan agar peroleh keberkahan di malam Lailatul Qadar. Seperti banyak bersedekah untuk sesama, agar kebaikan dan kebermanfaatannya terasa lebih luas juga. Untuk akses sedekah online dapat melalui wesbsite donasi UCare di http://donasi.ucareindonesia.org/

Semoga dengan banyak beramal sholeh di sepuluh hari terakhir Ramadhan, menjadi jalan untuk lebih dekat kepada Allah, serta Allah ampuni segala dosa kita yang sekarang ataupun yang telah lalu, dan menerima segala amal sholeh kita di hadapanNya kelak. Aamiin.

More
articles