Bagaimana Cara Berdoa Agar Cepat Dikabulkan?
Makna Musibah Bagi Orang Beriman

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Tahukah sahabat, strategi dan cara berdoa agar cepat dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala?

Berdoa adalah salah satu bentuk komunikasi langsung dengan Allah, tempat kita dapat memohon pertolongan, memberikan syukur, dan mengungkapkan keinginan kita. Meskipun Allah adalah Yang Maha Mengetahui, tetapi ada beberapa strategi yang dapat kita gunakan untuk membuat doa kita lebih efektif dan cepat dikabulkan

Cara Berdoa Agar Cepat Dikabulkan yang Perlu Diperhatikan

Cara Berdoa Agar Cepat Dikabulkan

Ketika kita berdoa sebenarnya kita sedang memudahkan urusan kita. Doa adalah jalan untuk menuju pengabulan doa, terkabulnya permohonan dan keinginan seorang hamba.  Namun, sebagaimana menghadap kepada yang lebih tinggi derajatnya, tentu kita harus memperhatikan adab dan perilaku saat meminta. Apalagi saat kita selaku hamba yang ingin meminta kepada Pencipta, Dzat Yang Maha Mulia, tentu harus diperhatikan juga tata caranya.

Baca juga: 3 Golongan yang Doanya Tidak Tertolak

Cara Berdoa Agar Cepat Dikabulkan, Segera Respon Seruan Allah SWT

Cara Berdoa Agar Cepat Dikabulkan

Ustadz Adi Hidayat menyampaikan tentang doa. Bahwa sesuatu yang dikerjakan tanpa ilmu maka bisa keliru. Maka itu, berdoa adalah penting tapi juga harus tahu caranya.

Segera Respon Seruan Allah SWT (Surat Al-Baqarah Ayat 186)

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Kalau ingin berdoa ingin dikabulkan, maka berdoalah dengan cara menghamba di hadapan Allah, jangan merasa tinggi. Kemudian, taubat dari maksiat. Rasakan, bahwa Allah itu dekat. Hadirkan perasaan itu dalam jiwa kita. Berdoa itu tidak ada yang sia-sia, sepanjang untuk kebaikan pasti diijabah.

Maka jika ingin doa cepat dijawab, maka harus cepat juga dalam merespon seruan Allah. Maka syaratnya adalah setiap diseur, maka harus segera dijawab. Hal ini berkaitan dengan pengabulan doa. Ini adalah kunci untuk cepatnya pengabulan doa. Di antara seruan Allah adalah Shalat yaitu shalat 5 waktu.

Cara Berdoa Agar Cepat Dikabulkan

Bukan sujudnya yang penting dalam shalat, karena yang ditunggu adalah apa permasalahan atau doa yang ingin dipanjatkan. Maka bacaan dalam shalat sesungguhnya adalah doa.

Shalat itu ada 4 keadaan yang kalau kita berdoa dengan benar maka seketika akan dikabulkan yaitu pertama saat berdiri, kedua saat ruku, ketiga saat sujud, keempat sesaat sebelum salam. Dalam shalat itulah sesungguhnya waktu kita meminta.

Kalau dipanggil untuk shalat atau dzikir, maka Allah SWT juga akan cepat mengabulkannya. Jika kita berdzikir dan ingat kepada Allah, maka Allah juga akan mengingat kita. Orang yang datang saat dia diseru Allah, maka Allah SWT pun akan mengabulkan apa yang hamba tersebut mohonkan. Maka orang-orang yang sebelum waktunya seruan sudah mengingat Allah, maka Allah SWT akan memudahkan dan menyelesaikan urusan atau kebutuhan hamba tersebut.

MasyaAllah…

Sahabat, yuk perdalam lagi adab-adab dalam berdoa agar bukan hanya sebatas keinginan kita saja yang terkabulkan, tapi semakin bagus pula cara berkomunikasi kita kepada Sang Khalik.

More
articles