Bayar Zakat dengan Kartu Kredit di Bekasi

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bayar zakat adalah kewajiban bagi muslim. Ada dua macam zakat, zakat mal dan zakat fitrah. Zakat fitrah wajib ditunaikan oleh umat Islam di Bulan Ramadhan hingga menjelang hari raya Idul Fitri. Hal ini diungkapkan oleh Ibnu Abbas, RA.

Rasululllah SAW mewajibkan zakat fitrah untuk membersihkan orang yang berpuasa dari perkataan sia-sia dan perkataan kotor dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin. Bagi siapa yang menunaikannya sebelum sholat Idul Fitri, berarti zakatnya diterima dan bagi siapa yang menunaikannya setelah sholat berarti merupakan sedekah biasa

Bayar zakat di Bekasi pada tahun 2020 dengan standar pembayaran zakat 40.600 (3,5 liter) atau setara  Rp11.600 per liter

Sedangkan zakat mal dibayarkan atas kepemilkan harta ketika sudah mencapai nishab. Adapun contoh zakat mal adalah zakat penghasilan, pertanian, hasil perniagaan.

Dalam pembayaran zakat mal ini harus segera dilaksanakan bila telah memenuhi nishab. Berdasarkan kesepakatan para ulama,  zakat penghasilan nishabnya adalah 524 kilogram atau dalam kisaran Rp 5.240.000,00. Sementara itu, zakat emas diterapkan ketika muzakki memiliki nishab 85 gram emas, jika perak dengan nishab 595 gram. Zakat yang dibayarkan adalah 2,5 persen dari emas/perak yang dimiliki.

Untuk memudahkan pembayaran zakat dimasa sekarang, banyak akses pembayaran salah satunya adalah dengan kartu kredit. UCare Indonesia juga menyediakan sarana dalam pembayaran kartu kredit agar masyarakat di Bekasi khususnya mudah membayar zakat.

More
articles