Berbagi THR, Berbagi Kebahagiaan untuk Pengajar Quran

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Salah satu profesi yang berdampak besar dalam kehidupan  terutama dari sisi agama adalah guru ngaji. Perannya di tengah masyarakat sangat berarti. Dari merekalah lahir para pejuang Qur’an. Mereka ajarkan dengan penuh kesabaran dengan harapan agar anak-anak kelak bisa menjadi ahli Qur’an. Baik untuk membaca, menghafalkan, hingga kelak bisa mengamalkannya.

Sayangnya setelah pandemi datang, keadaan banyak berubah. Inilah yang juga dialami oleh para guru mengaji dan anak-anak didik di Rumah Quran Asy Syifa, Pondok Gede, Bekasi. Rutinitas serta aktivitas yang dilakukan sebagaimana biasa, tiba-tiba harus berubah bahkan berhenti sampai batas waktu yang tidak bisa diprediksi. Bahkan Ibu Yuniarti selaku guru ngaji di Rumah Quran Asy Syifa sampai meneteskan air mata taktala harus membagikan ceritanya pada tim LAZ UCare Indonesia.

Bagaimana tidak bersedih? Dulu sebelum corona datang anak-anak mengaji 4x setiap pekan disana. Tapi karena adanya wabah dan kondisi semakin memburuk akhirnya para guru mengaji meliburkan anak-anak agar tidak masuk dulu. Sebab kondisi saat ini tidak mendukung dan memungkinkan untuk melakukan aktivitas seperti biasanya. Yang semakin membuat sedih adalah banyak anak-anak yang menelpon bahkan video call untuk mengatakan, “Kapan aku ngaji lagi?”

Inilah yang membuat hati ibu Yuniarti bersedih lantaran pada kondisi seperti ini tidak memungkinkan untuk melakukannya di Rumah Quran Asy Syifa sebagaimana biasa. Hal ini secara tak langsung juga menyulut beban mental para guru mengaji. Mereka memikirkan gimana hafalan anak-anak.

Belum lagi kondisi ini juga memberikan pengaruh terhadap pendapatan mereka yang otomatis berkurang. Yang tadinya bisa mengajar di beberapa tempat, akhirnya diistirahatkan di rumah. Ada juga yang via online, tanpa datang ke rumahnya. Bahkan ada yang tetap mengajar meski di rumah.

Sebagai Lembaga Amil Zakat yang berada di Kota Bekasi, LAZ UCare Indonesia turut serta untuk memberikan bantuan berupa THR dan santunan untuk para guru mengaji di Rumah Quran Asy Syifa, Pondok Gede. Alhamdulillah, program telah dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Mei 2020 selepas Dzuhur.

“Semoga pandemi ini cepat pergi dan anak-anak bisa ngaji lagi, bisa beraktifitas seperti normal lagi. Termasuk para ibu-ibunya juga bisa ikut mengaji lagi. Terimakasih kepada Ucare Indonesia karena sudah peduli terhadap guru ngaji di rumah Quran Asy syifa.” Ucap Ibu Yuniarti selaku guru ngaji di Rumah Quran Asy Syifa siang itu.

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316