Doa Rasulullah Agar Selalu Diberi Kesehatan

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Sehat adalah kunci hidup bahagia. Sehat sekarang menjadi modal penting dalam hidup, terutama di kala-kala genting saat wabah Covid-19 merajalela. Kesehatan tentunya menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi umat manusia. Dengan jiwa raga yang sehat, maka segala aktivitas dari mulai bekerja hingga beribadah dapat mudah untuk dilaksanakan.

Rasulullah SAW sendiri yang merupakan teladan umat islam, telah memberikan contoh agar umatnya bisa menerapkan pola hidup sehat. Memang benar, Rasulullah dikenal sangat menjaga pola hidupnya, salah satunya dengan menjaga pola makannya. Selain itu, Rasulullah juga rajin beribadah dan berdzikir, sehingga pikirnya pun selalu tenang, bersih dan terjaga. Apalagi, salah satu kunci hidup sehat juga berasal dari mental dan jiwa yang sehat pula.

Bahkan, dari berbagai sumber kisah hidup Rasulullah SAW, disebutkan bahwa Rasulullah hanya dua kali sakit semasa hidupnya. Pertama, saat beliau pulang dari makam orang tua. Kedua, waktu terakhir menjelang wafatnya Rasul.

Nah, ternyata selain pola hidup yang terjaga. Rasulullah juga selalu mengamalkan doa di bawah ini untuk memohon dan meminta diberi kesehatan oleh Allah SWT. Bahkan doa ini juga dibaca dalam Al-Matsurat Pagi dan Petang.

Apa doanya?

Allahumma ‘afini fi badani. Allahumma ‘afini fi sam’i. Allahumma ‘afini fi bashari”.

Artinya: “Ya Allah sehatkanlah badanku, Ya Allah sehatkanlah pendengaranku, Ya Allah sehatkanlah penglihatanku.

Selanjutnya berdoa kembali:

Allahumma inni a’udzu bika minal kufri wal faqri. Allahumma inni a’udzu bika min ‘adzabil qabri. La ilaha illa anta.”

Artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekafiran dan kefakiran. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, tiada Tuhan selain Engkau.”

Bismillah, semoga dengan banyak berdoa dan mengamalkan ajaran dari Rasulullah, kita dapat pola hidup yang lebih baik dan sehat. Tentunya dengan mengharapkan kepada Allah bahwa Kesehatan itu menjadi jalan untuk ketaatan dalam beribadah kepada Allah. Aaamin Ya Rabbal Alamin.

More
articles