Kenapa Harta Harus Dibersihkan dengan Zakat?

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Memiliki harta berlebih, nyatanya tidak sekedar kenikmatan sesaat saja, namun juga menjadi ujian bagi yang memikulnya. Sebagaimana barang yang dititipi, seperti itu pula perumpamaan harta yang Allah SWT berikan kepada kita. Hanya sebatas titipan saja. Bila sahabat memiliki harta yang berlebih, maka jangan tertinggal juga kewajiban untuk menzakatinya.

Zakat merupakan kewajiban bagi seseorang untuk mengeluarkan sebagian hartanya kepada mustahiq (mereka yang berhak menerimanya), jika syarat-syarat zakat telah terpenuhi. Hal ini disyariatkan sebagai jalan untuk pemerataan ekonomi demi kemaslahatan dan kebaikan bersama, baik untuk yang berzakat ataupun mustahiq.

Kenapa Zakat Perlu Dikeluarkan?

Sebab, dalam harta yang saat ini Allah berikan tidak lain terdapat juga hak orang lain di dalamnya. Sebagaimana kotoran yang harus dikeluarkan, seperti itu juga harta yang dimiliki. Harta juga perlu dibersihkan kotorannya dengan cara mengeluarkan zakat. Karena bila ‘kotoran’ tidak dikeluarkan, akan menimbulkan penyakit. Nah, dalam hal ini penyakit yang bersarang adalah penyakit hati, contohnya seperti kikir dan pelit.

Mereka yang memiliki sifat kikir dan pelit, maka di dalam hidupnya akan sulit menemukan kelapangan jiwa, ketenangan batin, dan jauh dari pintu keberkahan. Ia akan dirundung rasa cemas, was-was, dan takut akan kefakiran atau kemiskinan. Takut tidak memiliki harta, takut hartanya berkurang, juga takut tidak bisa bertahan.

Baca artikel lainnya: Merayakan Hari Santri, UCare Indonesia Berbagi Paket Kebahagiaan untuk Santri di Kota Bekasi 

Lain ceritanya dengan orang yang berzakat. Ia akan menydari bahwa harta yang kini diperolehnya ada sebagian hak orang lain. Dengan menyadari itu, ia akan berlapang hati untuk berbagi dan membersihkan hartanya lewat zakat. Selain menjalankan syariat, tentunya berzakat juga membuka pintu rahmat dan kebahagiaan lahir dan batin.

Perintah untuk mengeluarkan zakat berkali-kali telah disebutkan dalam Al-Qur’an. Salah satunya dalam firman Allah, yang berbunyi:

خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah: 103)

Seperti itulah alasan mengapa zakat harus dikeluarkan karena pada dasarnya lewat harta yang Allah SWT berikan, terdapat juga bagian ‘hak’ orang lain di dalam harta tersebut. Sebabnya bersihkan harta lewat berzakat adalah solusi secara syariat yang mengandung banyak manfaat.

Bagaimana? Ingin segera menunaikan zakat sahabat sekarang?

Zakat sahabat bisa disalurkan melalui UCare Indonesia dengan datang langsung atau zakat online melalui :

BSI (BSM) 7100 3000 14

Mandiri 167 000 2432 085

BNI Syariah 068 566 4701

BCA 066 327 1960

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Informasi dan konfirmasi melalui:

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. +62 8222 3339 773

Informasi lengkap dan sapa kami melalui:

Instagram : @lazucare

FB : UCare Indonesia

Twitter : @ucareindonesia

You Tube : LAZ UCare

Telegram : https://t.me/UCareIndonesia

Website : https://www.ucareindonesia.org

Website Donasi : https://donasi.ucareindonesia.org/

Email : [email protected]

More
articles