Keutamaan Infak: Menjadi Wasilah Dikabulkan Hajat!
Keutamaan Infak

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Banyak sekali keutamaan infak dalam Islam. Infak adalah salah satu amalan terpuji yang berarti memberikan sebagian dari harta yang dimiliki untuk kepentingan jalan Allah dan membantu sesama. Sebagai sebuah wasilah (perantara), infak memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik bagi pemberi maupun penerima. Berikut ini adalah penjelasan mengenai infak sebagai wasilah dengan harta.

Keutamaan Infak: Memperoleh Pahala yang Dahsyat

Keutamaan Infak

Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi orang yang berinfak. Dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 261, Allah SWT berfirman bahwa perumpamaan orang yang berinfak di jalan Allah adalah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh bulir, setiap bulirnya terdapat seratus biji.

Infak itu menghadirkan pahala yang begitu dahsyat. Paling sedikit memperoleh pahala 700x lipat di akhirat nanti. Di dunia yang akan didapat adalah keberkahan yaitu berupa tambahan barokah. Jika kita niatkan infak itu untuk sesuai keinginan kita, itu bisa mengentaskan persoalan yang dialami.

Infak Menjadi Wasilah untuk Terkabulnya Hajat

Keutamaan Infak

Banyak Masyarakat yang sering bertanya, bolehkan niat infak atau sedekah dengan harapan agar percepat pengabulan doa atau hajat kita?

Baca juga: Penyaluran Sedekah Al-Quran UCare Indonesia untuk TPA Alhasani

Terkait hal ini, rumusnya ada dalam Al-Quran surat kelima ayat 35 terkait mencari wasilah untuk terkabulnya hajat.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَابْتَغُوْٓا اِلَيْهِ الْوَسِيْلَةَ وَجَاهِدُوْا فِيْ سَبِيْلِهٖ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ ۝٣٥

yâ ayyuhalladzîna âmanuttaqullâha wabtaghû ilaihil-wasîlata wa jâhidû fî sabîlihî la‘allakum tufliḫûn

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, carilah wasilah (jalan untuk mendekatkan diri) kepada-Nya, dan berjihadlah (berjuanglah) di jalan-Nya agar kamu beruntung.

Kebolehan Tawasul dengan Amal Soleh

Keutamaan Infak

Para ulama menyepakati bahwa boleh beramal soleh dengan tujuan agar tercapai harapan atau doa. Tawasul dengan amal soleh lewat jalan mendekatkan diri kepada Allah, seperti lewat infak atau sedekah. Ketika niat berinfak, tanamkan dalam hati bahwa ini sebagai jalan untuk dikabulkannya hajat. Misal agar dapat pekerjaan yang baik, dapat keturunan yang soleh, dsb.

Di antara keutamaan infak adalah bisa menjadi jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. Sekaligus juga menjadi wasilah atau tawasul dengan amal soleh bisa dilakukan dengan menggunakan harta melalui infak atau sedekah. Kalau mau infak coba yang pertama kita utamakan adalah infak untuk orang tua. Berikan yang terbaik dan mampu kita persembahkan. Misal ingin memberi sesuatu, maka belikan sesuatu yang terbaik untuknya. Kalau orang tua masih hidup, apa yang bisa dipersembahkan walau tidak diminta, maka persembahkanlah untuk mereka.

Mudah-mudahan dengan mengetahui ragam keutamaan infak dan sedekah dapat memberikan semangat bagi kita untuk lebih gigih dalam beramal!

More
articles