Kisah Pak Untung yang Sebatang Kara, Tapi Harus Berjuang Lawan Corona

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Jika berjuang bersama-sama di masa pandemi ini, mungkin akan menjadi mudah. Tapi bagaimana ceritanya jika harus berjuang sendirian, tanpa keluarga di sisi. Tanpa ada seseorang yang mendampingi.  Sendiri di masa pandemi tentu jauh lebih sulit dibanding hari-hari sebelum pandemi. Inilah yang terjadi pada seorang tukang becak di Kota Bekasi.

Perkenalkan seseorang yang tangguh jalani hidup ini, namanya Pak Untung. Seorang pria berusia 53 tahun yang mengandalkan hidupnya dari pekerjaannya mengayuh becak di Bintara, Bekasi Barat. Sudah sejak 13 tahun ia hidup dari profesinya sebagai tukang becak. Manis dan getirnya hidup sudah menjadi makanannya sehari-hari. Panasnya matahari. Pekatnya polusi. Bisingnya jalan. Sudah menjadi sahabat yang selalu menemani.

Di usianya yang sudah senja, seharusnya hari-hari Pak Untung sudah tidak perlu kerja sekeras itu di jalanan. Melawan kemacetan. Menghadapi asap-asap di jalanan. Seandainya ada keluarga, mungkin ia tidak harus selelah itu berjuang mengayuh becak tuanya. Entah berapa tetes keringat yang membanjiri wajah dan kulitnya. Seharusnya, di usianya yang semakin menua, ada anak yang mendampinginya. Ya, seharusnya. Namun kenyataan tak sesuai angan.

Pak Untung justru hidup sebatang kara, tanpa keluarga. Pria asal Kutoharjo ini setiap malam bahkan harus tidur di Puskesmas Bintara karena tidak ada tempat tinggal lagi. Entah berapa nyamuk yang sudah mengganggu tidurnya Pak Untung di malam hari. Tapi rasa lelah, membuat itu semua tak berarti.

Sebelum Covid-19 datang, penghasilan rata-rata setiap harinya antara Rp 25.000,- sd Rp 40.000,- Selain itu, penghasilan rutin dari pelanggannya adalah mengantar anak sekolah.

Namun sejak wabah corona datang tanpa pamit dan sekolah ikut diliburkan, sudah hampir 1 bulan beliau tidak mendapatkan uang dari mengayuh becaknya. Jalanan sepi. Orderanpun mati. Akibat krisis ekonomi, akhirnya beliau hanya 1 kali makan setiap harinya demi bertahan hidup.

Melalui program BAITUL MA’MUR PEDULI, Kami berikan santunan Rp 400.000,- untuk Pak Untung. Dengan bantuan tersebut, diharapkan dapat membantu untuk mencukupi kebutuhan hidup Pak Untung selama beberapa waktu ke depan. Apalagi di tengah pandemi ini.

Meskipun hidupnya banyak diuji, Pak Untung tidak pernah lupa kepada Dzat Yang Maha Tinggi. Beliau selalu melaksanakan sholat 5 waktu di Masjid Baitul Ma’mur Grand Prima Bintara, Bekasi. Untuk itulah, Kami mengenalnya sebagai seorang yang rajin melaksanakan ibadah 5 waktu.

Semoga ada kebaikan yang tak disangka-sangka untuk Pak Untung selanjutnya. Sebab kita semua percaya bahwa rezeki tidak akan tertukar. Begitupun rezekinya Pak Untung, tukang becak di usia senja yang tinggal sebatang kara namun tetap taat menjalankan perintah RabbNya.

“Ayo, bantu beliau! Dan terimakasih kepada para Donatur yang telah membantu. Semoga Allah memberikan kelapangan rizki dan kemudahan urusan untuk dermawan semua….”

Kang Ridwan (Human Care Inspirator), Dewan Pembina LAZ UCare Indonesia.

Sahabat UCare, jangan sampai kesedihan itu menimpa saudara-saudara kita yang lain. Bantu mereka untuk optimis dan tegar menjalani masa-masa ini. Kita tunjukkan bahwa mereka tidak sendiri, ada kita semua yang bersama-sama peduli dan empati dengan hidup mereka. Bersama kita bantu selamatkan Pak Untung dan masyarakat lainnya.

Yuk, berikan uluran tanganmu untuk mereka sebagai bukti cinta.

Kirimkan donasimu melalui:

https://donasi.ucareindonesia.org/bersama-lawan-corona/

atau melalui transfer ke:

BSM 7100 3000 14

Mandiri 167 000 2432 085

BNI Syariah 068 566 4701

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Tambahkan infaq Rp. 119 sebagai tanda donasi.

Contoh: transfer Rp. 1.000.119

Konfirmasi dan informasi ke

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. 0813 9555 5868

Informasi lengkap dan sapa kami melalui:

Instagram : @lazucare

FB : Laz U-care ID

Twitter : LAZ Ucare

Telegram : https://t.me/UCareIndonesia

Website : https://www.ucareindonesia.org

Email : [email protected]

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316