Kumpulan Doa dalam Al-Quran: Mohon Kemudahan untuk Segala Urusan
Surah Al-Baqarah Ayat 184

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Kumpulan doa dalam Al-Quran menjadi salah satu jembatan spiritual yang menghubungkan manusia dengan Sang Pencipta. Dalam Al-Quran terdapat berbagai doa yang dapat diamalkan bagi umat muslim agar mereka dapat memperoleh kemudahan, bantuan, dan petunjuk dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah kumpulan doa-doanya yang dapat membantu kita dalam meraih kemudahan dalam segala urusan.

5 Kumpulan Doa dalam Al-Quran untuk Kemudahan Urusan

1. Doa Memohon Kemudahan dari Allah (Surah Al-Baqarah, Ayat 286)

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِن نَّسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنتَ مَوْلَانَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.

Baca juga: 8 Golongan Orang yang Doanya Cepat Dikabulkan

2. Doa Memohon Kemudahan dalam Kehidupan (Surah Taha, Ayat 25-28)

رَّبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.”

3. Doa Memohon Bantuan dalam Kesulitan (Surah Al-Anbiya, Ayat 83):

وَأَيُّوبَ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

“Dan (ingatlah) Ayub ketika dia menyeru Tuhannya: ‘Sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.'”

4. Doa Memohon Kemudahan dalam Urusan Dunia dan Akhirat (Surah Al-Kahf, Ayat 10):

رَّبَّنَا آتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu, dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami.”

5. Doa Memohon Kemudahan dan Pujian Kepada Allah (Surah Al-Anbiya, Ayat 87)

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

“Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim”.

Kumpulan Doa dalam Al-Quran, Jalan untuk Berkomunikasi dengan Allah SWT

Doa-doa dalam Al-Quran adalah jalan untuk berkomunikasi dengan Allah dan memohon bantuan serta kemudahan dalam menghadapi berbagai situasi kehidupan. Dengan merenungkan dan mengamalkan doa-doanya, kita dapat merasakan kedekatan dengan Alla Subhanahu Wa Ta’ala dan mendapatkan ketenangan serta arahan dalam mengatasi segala tantangan dan urusan kita.

More
articles