20 Nasihat di Bulan Sya’ban yang Jangan Dilewatkan!
7 Macam Puasa Sunnah

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Bulan Sya’ban adalah bulan yang kerap kali dilalaikan, karenanya nasihat di bulan Sya’ban dapat menjadi pengingat agar dapat menghiasi hari-hari di dalamnya dengan banyak kebaikan.

20 Nasihat di Bulan Sya’ban dalam Kajian Subuh UCare Indonesia

nasihat di bulan sya'ban

Dalam pemaparan Kajian Subuh bersama ustadz Akhmad Sadzali, Lc,. M.E.selaku Dewan Pengawas Syariah LAZ UCare Indonesia, beliau memaparkan setidaknya ada 20 nasehat di bulan Sya’ban yang bisa diingat dan dijadikan motivasi untuk mengoptimalkan bulan Sya’ban.

Baca juga: Apa Saja Keutamaan dan Amalan Bulan Sya’ban?


Catat, Inilah 20 Nasihat di Bulan Sya’ban Ini!

nasihat di bulan sya'ban
  1. Berdoa agar kita disampaikan dengan bulan Ramadan. Di antara doanya, “Allahumma baariklana fii Rajaba wa Syabana wa balighna Ramadhana.”
  2. Bersyukur kepada Allah akan datangnya di bulan Sya’ban. Maka di hari-hari pada bulan Sya’ban kita harus perbanyak ketaatan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena akan bertemu atau berjumpa dengan bulan Ramadhan.
  3. Bergembira dengan keutamaan daripada bulan Sya’ban. Sehingga hari-hari di bulan Sya’ban kita bergembira bahwa pada Ramadhan yaitu pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup.
  4. Berazzam meninggalkan kesalahan dosa-dosa dan bertaubat kepada Allah SWT. Maka Sya’ban ini bulan baik untuk bertambahnya amal kita sekaligus menghapus daripada dosa-dosa. Sesungguhnya kebaikan-kebaikan itu menghapuskan kesalahan dan keburukan.
  5. Membuat perencanaan agar Ramadhan ini benar-benar terarah untuk mengisi amalan di bulan penuh keberkahan.
  6. Siapkan waktu khusus berdoa dan berdzikir, seperti berdoa antara azan dan iqamah, saat sedang safar, berdoa sejak sore di hari Jumat hingga waktu maghrib.
  7. Berazzam untuk memanfaatkan dan memaksimalkan waktu-waktu di bulan Sya’ban, kita perbanyak amaliyah seperti puasa, tadarrus, dzikrullah, qiyammullail, sedekah, dsb.
  8. Mulai dengan kekuatan dan kesungguhan dalam beramal soleh.
  9. Memohon pertolongan kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dalam setiap niat baik.
  10. Kenali kesungguhan para salafus sholih ketika di bulan Syaban dan Ramadan. Mereka perbanyak amalan.
  11. Menyiapkan diri secara ruhiyah seperti mendengarkan ceramah-ceramah keutamaan puasa sehingga memperkuat jiwa kita melakukan ketaatan kepada Allah SWT. Bahwa bulan Ramadan untuk menguatkan kita dari keutamaan-keutamaannya. Sehingga amalan yang kita lakukan di bulan Sya’ban ini seakan seperti sedang menyiram tanaman, dan di bulan Ramadan kita memanen.
  12. Jihad diri lawan keburukan. Seperti melawan rasa malas dari seringnya tidur, meninggalkan kebiasaan bermain medsos tanpa kenal waktu. Karena itu kita harus banyak memanfaatkan waktu sebaik mungkin.
  13. Siapkan diri untuk berdakwah dan beribadah kepada Allah. Sehingga hati kita terbuka.
  14. Buka lembaran baru.
  15. Bersungguh-sungguh puasa dua kali.
  16. Tetapkan wirid muhasabah harian.
  17. Bersahabat dengan orang baik, orang soleh.
  18. Niatkan perubahan.
  19. Memperbaiki akhlak.
  20. Jadilah da’i atau penyeru kebaikan. Kita biasakan di bulan Sya’ban dengan mengajak kebaikan kepada orang-orang yang ada di sekitar kita.
nasihat di bulan sya'ban

Di atas adalah beberapa nasihat di bulan Sya’ban yang bisa menjadi perhatian, sekaligus agenda untuk mengisi hari-hari sepanjang Sya’ban. Mudah-mudahan Allah SWT mudahkan segala niat baik yang ada dan mengizinkan kita untuk berjumpa dengan bulan Ramadan.

More
articles