Pererat Ukhuwah dengan Sedekah

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Sedekah adalah ibadah yang tidak akan mengurangi harta, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda untuk mengingatkan kita dalam sebuah riwayat Muslim, “sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim).

Mengapa sedekah tidak akan mengurangi harta? Meskipun secara tersurat harta terlihat berkurang, tapi kekurangan harta tersebut akan ditutup dengan pahala dan rezeki yang tak disangka-sangka oleh Alloh SWT.

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

Dengan sedekah kita dapat memperat Ukhuwah sesama muslim bahkan sedekah juga merupakan sarana dakwah untuk silaturrahim.

Salah satunya bersedekah yang mendahulukan keluarga daripada orang lain. Hal ini dianjurkan kepada setiap umat muslim sebagaimana yang dijelaskan dalam hadist dari Salman bin ‘Amir ra, dari Nabi saw beliau bersabda:

” الصَّدَقَةُ عَلَى الْمِسْكِيْنِ صَدَقَةٌ وَعَلَى ذِي الرَّحِمِ اثْنَتَانِ: صَدَقَةٌ وَصِلَةٌ “

“Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah dan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala: sedekah dan silaturahmi.” (HR Tirmidzi)

Dengan sedekah ukhuwah antar keluarga akan semakin erat. Apalagi kita bisa membantu keluarga kita yang miskin, yatim maupun yang dhuafa.

Selain dengan keluarga terdekat, kita bisa bersedekah dengan tetangga sekitar kita. Dengan sedekah maka ukhuwah antar kaum muslim akan semakin erat.

Dari Abu Hamzah, Anas bin Mâlik Radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Tidak sempurna iman seseorang di antara kalian hingga ia mencintai untuk saudaranya segala apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri berupa kebaikan”. [HR al-Bukhâri dan Muslim].

More
articles