Nanti Kita Cerita Tentang Ramadhan

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Ramadhan tinggal tiga bulan lagi. Sudahkah sahabat mempersiapkan untuk Ramadhan 1441 Hijriah nanti?

Di zaman sahabat, Ramadhan sangat dirindukan dan ditunggu kehadirannya. Sangat disayangkan bila sahabat tidak mempersiapkan apalagi mengambil kesempatan di bulan mulia nanti.

Apalagi ramadhan hadir setahun sekali, dan tidak ada yang menjamin bahwa seorang muslim bisa berpuasa di tahun tersebut.

Seorang muslim semestinya menyiapkan sedini mungkin agar bisa maksimal beramal di bulan suci.

Sahabat Rasulullah sudah mempersiapkan enam bulan sebelum masuk ramadhan. Ibarat olah raga, dimulai dengan pemanasan.

Pertama yang harus dipersiapkan adalah jasmani kita. Kesehatan kita harus dipersiapkan sebelum ramadhan. Jangan sampai saat di bulan Ramadhan kita sakit sehingga tidak berpuasa di bulan penuh mulia itu.

Kedua mempersiapkan uang untuk beramal. Di bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah dan dilipatgandakan amalan kebaikan kita. Dengan mempersiapkan uang lebih banyak dari bulan-bulan lainnya untuk beramal sangat dianjurkan.

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya) “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari)

Ketiga, mempersiapkan ilmu di bulan ramadhan. Dengan mempersiapkan ilmu sedini mungkin, kita bisa mengoptimalkan amalan-amalan di bulan ramadhan nanti. Sehingga dengan persiapan itu, kita bisa menceritakan tentang bagaimana ramadhan ke anak-anak kita.

Nanti kita cerita tentang hari ramadhan, lagi

More
articles