Perintah Mengasihi Anak Yatim dalam Al Quran
Semarak Yatim Bahagia 1446H

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Dalam Islam, perintah mengasihi anak yatim tertuang baik dalam Al-Quran dan hadist. Mengawali tahun baru Hijriyah, maka alangkah mulianya dengan meneruskan kembali amalan-amalan di waktu-waktu yang lalu.

Berkaitan dengan Muharram, ia adalah bulan haram atau bulan yang dimuliakan, diantara 12 bulan dalam kalender Hijriyah. Bulan ini seseorang dilatih untuk banyak beramal dan menghindari dosa karena beramal soleh di bulan ini maka pahalanya akan lebih besar, pun sebaliknya. Adapun salah satu amalan di bulan Muharram yang tak luput untuk diamalkan adalah  menyantuni dan mengasihi anak yatim.

Perintah Menyantuni Anak Yatim dalam Surat An-Nisa Ayat 36

perintah mengasihi anak yatim

Dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 36 menjadi bagian dari perintah untuk mengasihi dan menyayangi anak yatim.

“Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu.”

Baca juga: Kemuliaan Anak Yatim Serta Anjuran untuk Memperhatikannya

Perintah mengasihi anak yatim itu bagian syariat sekaligus perintah dari Allah melalui Al Quran sebagaimana ayat di atas.  Juga menjadi sunnah karena telah Nabi praktekkan dalam sehari-hari. Bahkan Rasulullah sendiri lahir dalam keadaan yatim.

Mencintai, Memuliakan dan Mengasihi Anak Yatim

perintah mengasihi anak yatim

Bagi seorang anak kasih sayang itu menyirami hati agar mereka memiliki optimisme dalam hidup sehingga muncul harapan, cita-cita dan keingainan. Anak-anak yatim butuh itu dari orang lain agar mereka ada semangat besar untuk memiliki cita-cita.

Sayangnya, untuk menggapai cita-cita itu mereka kurang dukungan dari sosok dan figur seorang ayah. Apalagi peran ayah adalah menjadi tulang punggung keluarga. Maka tak sedikit di antara mereka yang memelas dan akhirnya terpupus harapan dan cita-citanya. Bagaimana memikirkan cita-cita, sedangkan untuk memikirkan makan dan kebutuhan sehari-hari saja barangkali mereka kesulitan untuk memenuhinya.

Perintah Mengasihi Anak Yatim, Awali dengan Berbagi

Lalu, bagaimana cara kita memberikan perhatian kepada anak-anak yatim yang sifatnya tidak sporadis (kadang-kadang)?

Di antaranya dengan mengikuti program ABI YATIM atau program membiayai kehidupan dan pendidikan anak yatim dengan menjadi orang tua asuh mereka sehingga bisa membantu mereka lebih optimis dan semangat untuk meraih pendidikan dan cita-cita setinggi-tingginya.

Kepedulian sosial melalui pendidikan akan bisa memberikan pengaruh pada perubahan sosial. Dengan pendidikan lah yang dimiliki seseorang saat ini, maka sepuluh, dua puluh atau beberapa tahun mendatang bisa mengarahkan agar anak-anak kelak membawa perubahan, baik perubahan secara ekonomi ataupun sosial.

Anak-anak yatim hari ini kalau diberikan bantuan, maka mereka akan lebih semangat. Tentunya mereka membutuhkan bantuan makanan, pakaian dan perhatian lainnya melalui tangan-tangan dermawan. Anak-anak yatim harus diberi semangat, bila hari ini mereka dibantu maka nanti mereka akan membantu. Jalan terbaik adalah dengan bantuan pendidikan yang baik, santunan terbaik dengan menjadi orang tua asuh mereka.

Bila sahabat tidak mampu untuk menampung anak yatim di rumah, maka UCare Indonesia bisa membantu untuk menjadi jembatan kebaikan dalam memberikan pendidikan untuk anak-anak yatim agar mereka bisa mengubah nasib mereka tapi juga mengubah bangsa dan negaranya ke arah yang lebih baik.

Mari, semarakkan kembali hati kita untuk tidak luput dalam memperhatikan dan membesarkan hati mereka. Mereka bukan hanya gembira dengan makanan, uang, pendidikan tapi juga semangat agar bisa mengubah nasib mereka. Perhatian berupa dukungan agar mereka bisa sekolah sehingga dapat memperoleh pendidikan yang lebih baik.

Sepanjang Muharram ini, InsyaaAllah UCare Indonesia akan melakukan kembali rangkaian kegiatan Semarak Yatim Bahagia untuk memberikan edukasi, pengalaman dan cerita menarik bagi para yatim dan piatu Kota Bekasi. InsyaAllah tahun ini, kegiatan Semarak Yatim Bahagia 1445 akan jauh lebih menarik dan seru untuk dijalankan oleh anak-anak yatim Kota Bekasi.

Terbuka untuk umum bagi bapak/ibu yang ingin berkontribusi untuk turut membahagiakan anak-anak yatim melalui kegiatan Semarak Yatim Bahagia, silahkan berdonasi di sini.

Atau melalui rekening infak kebaikan di bawah ini
BSI 685 664 7010
BCA 066 327 1960
Mandiri 167 000 2432 085
A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Informasi lengkap dan konfirmasi:
Telp. (021) 8896 0316
Konfirmasi: 0822 2333 9773

More
articles