2 Rahasia Agar Khusyu dalam Shalat
Kisah Isra Miraj Rasulullah SAW

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Bagaimana rahasia agar khusyu dalam shalat?
Shalat adalah tiang agama. Ia menjadi salah satu rukun Islam sekaligus ibadah fundamental yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Dengan shalat membangun hubungan dekatnya seorang hamba dengan Sang Pencipta. Namun, makin dekat manusia dengan Allah, makin tidak senang iblis dan setan. Karena itu para setan selalu mencari cara untuk mengaduk-ngaduk ibadah shalat umat muslim. Di antaranya dengan menggoda dari segala sisi sehingga saat seorang hamba shalat dibuat tidak khusyu dan fokus dalam mendirikannya.

Kenali Target dan Rahasia agar Khusyu dalam Shalat

Rahasia agar Khusyu dalam Shlat

Sesungguhnya bagi umat muslim dalam mendirikan shalat, itu targetnya ada 2. Pertama yaitu sah dan qabul (diterima oleh Allah). Untuk mengevaluasi apakah sah atau tidak shalat kita, maka caranya gampang. Cek kembali apakah syarat dan rukun shalat sudah cukup atau tidak? Tapi kalau perkara qabul, itu mencakup masalah batin.


Oleh karena tahu betapa pentingnya ibadah shalat, maka iblis dan setan datang dari segala penjuru untuk menggoda manusia supaya kita kehilangan rasa khusyu. Apalagi ketika jadi imam, godaan setan mudah sekali untuk memancing dan mendatangkan penyakit riya’ atau ujub. Karena itu, selalu perbaikilah niat.

Baca juga: 3 Amalan yang Terus Mengalir Meskipun Sudah Tiada

2 Rahasia Agar Khusyu dalam Shalat

Rahasia agar Khusyu dalam Shlat

Karena shalat adalah ibadah yang paling efektif untuk mendekatkan diri kepada Allah. Maka orang yang shalat adalah musuh iblis. Karenanya untuk sampai kepada tahap khusyu dalam shalat, diperlukan beberapa tahapan.


Oleh karena itu kata Imam An-Nawawi pada tingkatan yang paling sederhana sampai ke khusyu asal saat takbiratul ihram ingat kepada Allah. tetapi juga harus terus berusaha agar ingat kepada Allah.
Pertama, tanamkan bahwa yang lain tidak ada kecuali Allah.
Kedua, memahami apa yang kita baca. Sehingga saat sujud, ingat maknanya memuji asma Allah. Contoh lain seperti bacaan saat duduk di antara dua sujud yang bunyinya, “ROBBIGHFIRLII WARHAMNII WAJBURNII WARFA’NII WARZUQNII WAHGDINII WA’AAFINII WA’FU ‘ANNII”
Artinya: Ya Allah, ampunilah dosaku, belas kasihinilah aku dan cukuplah segala kekuranganku, dan angkatlah derajatku dan berilah rezeki kepadaku, ddan berilah aku petunjuk dan berilah kesehatan padaku dan berilah ampunan kepadaku.

Pentingnya Memahami Makna Bacaan Shalat: Rahasia Agar Khusyu dalam Shalat

Rahasia agar Khusyu dalam Shlat

Maka penting tahu arti bacaan shalat untuk menopang hati agar khusyu dan pikiran tidak mengembara dan menjelajah kemana-mana. Buatlah mulut membaca, hati mengikuti bacaan. Dengan mengikuti maka hati tidak terlalu mengembara karena ada tempat untuk kembali. Itulah tadi beberapa rahasia agar khusyu dalam shalat.


Sahabat, setiap dari kita adalah wajib kita untuk saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran. Setiap kita membawa peran dan bertugas sebagai juru dakwah. Setiap kita harus sampaikan ilmu apa yang kita ketahui kepada yang belum tahu atau belum bisa. Silahkan bagikan tulisan ini bila bermanfaat. Semoga menjadi amal soleh untuk kita semua.

Wallahu’alam.

More
articles