Sunnah Perbanyak Shalawat, Gapai Keberkahan dan Rahmat!
Tawassul dengan Shalawat

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Sunnah perbanyak shalawat berlaku bagi setiap muslim, di antaranya perbanyak shalawat di hari Jumat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Hadits ini hasan ligoirihi –yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya-)

Shalawat adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dalam bahasa Arab, shalawat berasal dari kata “shalat” yang artinya doa atau permohonan kebaikan. Dalam konteks agama Islam, shalawat merujuk pada doa atau pujian kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya. Sunnah perbanyak shalawat adalah tindakan yang penuh berkah dan keutamaan, sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Baca juga: 5 Keutamaan Sedekah Jumat: Berbagi Kebaikan dalam Hari Penuh Berkah

Keutamaan Sunnah Perbanyak Shalawat

sunnah perbanyak shalawat

1. Mendekatkan Diri kepada Allah: Salah satu keutamaan besar dari sunnah perbanyak shalawat adalah bahwa amalan ini membantu kita untuk semakin dekat kepada Allah SWT. Ketika kita mengirimkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, kita menunjukkan kasih sayang dan penghormatan kepada Rasulullah, yang juga merupakan kekasih Allah SWT.

2. Pengampunan Dosa: Rasulullah SAW bersabda, ““Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh sholawat dan menghapus darinya sepuluh dosa”. (HR. Ahmad). Dengan mengucapkan shalawat, kita dapat memohon ampun atas dosa-dosa kita. 3. Interaksi dengan Rasulullah: Meskipun kita tidak dapat berinteraksi langsung dengan Rasulullah SAW, maka membaca shalawat adalah cara kita untuk berkomunikasi dengan beliau. Shalawat adalah cara kita untuk mengungkapkan cinta, penghormatan, dan rasa kagum kepada Nabi Muhammad SAW.

Dalil-dalil Sunnah Perbanyak Shalawat

sunnah perbanyak shalawat

1. Al-Quran: Dalam Al-Quran, Allah SWT juga memerintahkan kita untuk mengucapkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Allah berfirman dalam Surah Al-Ahzab (33:56):

 إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk dia dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”  

2. Hadits: Ada banyak hadits yang meriwayatkan pentingnya mengucapkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Salah satu contohnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, di mana Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak)” HR an-Nasa’i (no. 1297), Ahmad (3/102 dan 261), Ibnu Hibban (no. 904) dan al-Hakim (no. 2018), dishahihkan oleh Ibnu Hibban, al-Hakim dan disepakati oleh adz-Dzahabi, juga oleh Ibnu hajar dalam “Fathul Baari” (11/167) dan al-Albani dalam “Shahihul adabil mufrad” (no. 643)

Sunnah Perbanyak Shalawat, Tindakan Mulia yang Mendatangkan Berkah

sunnah perbanyak shalawat

Sunnah perbanyak shalawat adalah tindakan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dengan melakukannya, kita mendekatkan diri kepada Allah, memohon pengampunan dosa, dan mengekspresikan cinta serta penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Mari jadikan shalawat sebagai bagian yang tak terpisahkan dari ibadah sehari-hari kita untuk mendapatkan berkah dan keutamaan yang besar dari Allah SWT.

Allahumma shalli wa sallim ala Muhammad, Ya Rabbi shalli alaihi wa sallim.

More
articles