Balasan Bagi Orang yang Berinfak di Jalan Allah SWT
Perbedaan Sodaqoh Infak dan Zakat

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Tahukah sahabat, terdapat keistimewaan sekaligus balasan bagi orang yang berinfak di jalan Allah SWT?

Pemberian dalam bentuk infak atau sedekah adalah salah satu amalan yang istimewa dalam Islam. Infak di jalan Allah SWT merupakan tindakan yang sangat dianjurkan dan diberikan penghargaan yang luar biasa oleh Allah dalam Al-Quran dan hadits-hadits Rasulullah SAW.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi balasan yang mulia bagi orang yang berinfak di jalan Allah SWT.

Balasan Bagi Orang yang Berinfak di Jalan Allah SWT

Balasan Bagi Orang yang Berinfak

1. Balasan di Dunia

a. Peningkatan Rezeki: Salah satu janji Allah dalam Al-Quran adalah bahwa Dia akan melipatgandakan rezeki bagi mereka yang berinfak di jalan-Nya. Allah berfirman dalam Surah Al-Baqarah (2:261):

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya pada jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Demikianlah Allah menerangkan (perumpamaan-perumpamaan)Nya kepada manusia, supaya mereka selalu ingat.”

Dalam ayat lainnya,

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, niscaya Dia akan menggantinya” [Saba’/34 : 39]

Dengan berinfak, Allah menjanjikan bahwa rezeki kita akan berkembang seperti benih yang tumbuh subur. Ini adalah jaminan dari-Nya untuk keberkahan dalam hidup kita.

b. Perlindungan dari Bencana: Berinfak di jalan Allah juga dapat berfungsi sebagai perlindungan dari bencana dan kesulitan. Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah dapat menolak 70 macam bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo),” (HR.Thabrani)

c. Turunnya Pertolongan Allah: Orang yang berinfak di jalan Allah akan mendapatkan pertolongan Allah SWT dalam berbagai aspek kehidupannya. Ini bisa berupa keberhasilan dalam pekerjaan, kebahagiaan dalam keluarga, atau kesuksesan dalam usaha.

Baca juga: Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Infak dan Sedekah yang Penuh Hikmah

2. Balasan di Akhirat

Balasan Bagi Orang yang Berinfak

a. Pahala yang Besar: Salah satu balasan paling besar bagi orang yang berinfak di jalan Allah adalah pahala yang melimpah di akhirat. Allah SWT berjanji memberikan pahala yang berlipat ganda kepada mereka yang berinfak. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah berfirman, ‘Hai anak Adam, infakkanlah (hartamu), niscaya Aku memberikan infak kepada-mu.'” (HR. Bukhari dan Muslim)

b. Posisi Tinggi di Surga: Orang yang gemar berinfak di jalan Allah akan mendapatkan tempat yang mulia di surga. Rasulullah SAW bersabda, “Allah Yang Mahasuci lagai Mahatinggi berfirman, ‘Wahai anak Adam!’ berinfaklah, niscaya Aku berinfak (memberik rizki) kepadamu” (Shahih Muslim)

Balasan Bagi Orang yang Berinfak di JalanNya

Balasan Bagi Orang yang Berinfak

Infak di jalan Allah adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Selain mendatangkan berkah dan kebahagiaan di dunia, orang yang berinfak akan mendapatkan balasan yang sangat besar di akhirat.

Dalam Al-Quran dan hadits, Allah dan Rasulullah SAW telah menjelaskan bahwa pemberian di jalan-Nya adalah tindakan yang akan mendatangkan banyak kebaikan dan kebahagiaan dalam hidup kita, baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, mari jadikan infak sebagai salah satu amalan yang rutin kita lakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mendapatkan balasan yang mulia.

More
articles