THR Cair, Ayo Bayar Zakat dan Apa Saja yang Diprioritaskan

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Tunjangan hari raya (THR) biasa sudah diterima sebelum hari raya Idul Fitri. Umumnya seorang karyawan menerima THR satu bulan gaji. Tentu dana yang diterima ini termasuk besar, karena menerima bonus satu bulan gaji. Namun, apabila tidak pandai mengatur keuangan, dana THR ini akan habis dalam sekejap. Maka dari itu, kita harus mampu menggunakan THR dengan baik dan mengenal apa yang diprioritaskan.

Salah satu caranya adalah menggunakan THR untuk hal-hal berikut:

  1. Bayar zakat dan tabungan qurban

Dana yang besar tersebut baiknya digunakan untuk bayar zakat dan tabungan qurban. Adapun besaran zakat fitrah setara dengan 3,5 kg atau 40 ribu rupiah. Selain membayar zakat, THR juga bisa digunakan untuk membayar kekurangan zakat mal atau penghasilan yang idealnya dibayar satu bulan. Jika masih ada, dana THR bisa digunakan sebagai tabungan qurban.

2. Sisihkan untuk tabungan

Jika masih ada uang berlebih dari THR bisa digunakan untuk menabung dana pendidikan, liburan. Karena kita tidak tahu sampai kapan pandemi berakhir.

3. Membayar Hutang

Apabila ada hutang yang belum dibayar, maka dana THR bisa digunakan untuk membayar hutang daripada digunakan untuk kebutuhan yang konsumtif

More
articles