Zakat Profesi, Dalil, dan Ketentuannya
Sedekah yang Paling Utama

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Islam dibangun di atas lima perkara, salah satunya adalah zakat. Zakat dibangun harus berdasarkan keadilan. Oleh karenanya, tidak boleh zolim kepada faqir miskin ataupun orang kaya. Urusan zakat harus diurus dengan hati-hati. Karenanya zakat harus diberikan kepada yang benar-benar berhak menerimanya. Sebab, salah menyalurkan zakat juga berujung kepada dosa, karena bisa termasuk perkara yang zolim kepada yang berhak menerimanya.

Di sinilah peran Lembaga Amil Zakat seperti UCare Indonesia hadir sebagai jawaban bagi para muzakki untuk menyalurkan dana zakatnya kepada Lembaga zakat yang terpecaya dan amanah. Pada zaman Rasulullah, zakat telah dikelola oleh lembaga negara. Namun di saat ini, sahabat juga dapat mengamanahkan zakat kepada Lembaga Amil Zakat untuk mengelolanya.

Siapa saja yang berhak menerima zakat?

Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah menjawab dalam Al-Qur’an yang artinya: “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (Qs.At-Taubah: 60)

Baca artikel lainnya: Cara Mudah Menghitung Zakat Profesi

Secara syar’i 85 gram emas menjadi ketentuan dalam kadar nishab kewajiban mengeluarkan zakat profesi (penghasilan) dianalogikan dengan zakat perdagangan (tijarah) dan dianalogikan dengan zakat pertanian (zira’ah) dalam hal waktu pengeluaran zakat pada setiap bulan  penghasilan bagi individu muslim dan muslimat dengan menyesuaikan harga emas yang sedang berlaku di pasaran. (Sumber: Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi)

Apapun Profesinya, jika telah penuhi syaratnya. Jangan lupa zakatnya yaa!

Hanya 2,5% dari penghasilan. Bersihkan harta, sucikan jiwa melalui zakat sekarang.

Zakat mudah dari mana aja melalui https://donasi.ucareindonesia.org/

Atau nikmati kemudahan layanan transfer melalui:

Mandiri 167 000 2432 085

BSI 685 664 7010

BCA 066 327 1960

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Informasi dan konfirmasi melalui:

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. +62 8222 3339 773

Informasi lengkap dan sapa kami melalui:

Instagram : @lazucare

FB : UCare Indonesia

Twitter : @ucareindonesia

You Tube : LAZ UCare

Telegram : https://t.me/UCareIndonesia

Website : https://www.ucareindonesia.org

Website Donasi : https://donasi.ucareindonesia.org/

Email : [email protected]

More
articles