21 Tahun Menjadi Tukang Sol Sepatu, Mang Sobarna Paling Merasa Berat Di Masa Pandemi Ini

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

UCAREINDONESIA.ORG – Semenjak Covid-19 diresmikan sebagai pandemi global, tak bisa dipungkiri bahwa perjalanan ekonomi saat ini mengalami masa sulit. Terutama bagi orang-orang yang bekerja di lapangan dan mengandalkan panggilan dari pelangan seperti tukang sol sepatu. Berat bagi mereka ketika pemerintah memberi kebijakan agar masyarakat berdiam di rumah. Sedangkan pekerjaan mereka memang berinteraksi langsung dengan orang-orang di jalan.

Inilah yang dirasakan oleh Sobarna. Pria paruh baya yang biasa disapa Mang Sobarna kini berusia hampir 51 tahun. Setiap hari ia berkeliling sebagai tukang sol sepatu di wilayah Bintara, Bekasi Barat. Beliau sudah 21 tahun menjalankan profesi ini untuk melangsungkan kehidupannya bersama istri dan 3 anaknya. Berapapun pendapatan yang ia peroleh dari jerih payahnya sendiri, selalu berusaha ia syukuri.

Semenjak pandemi, penghasilannya saat ini rata-rata di bawah Rp 100.000 per hari. Itu pun dikurangi biaya makan dan minum selama berkeliling untuk menawarkan jasa sol sepatunya. Alhasil, uang yang di bawa pulang ke rumah untuk keluarganya kurang lebih hanya Rp 50.000 saja setiap harinya.

Belum lagi kebutuhan lainnya. Iya, Mang Sobarna harus membayar biaya sewa rumah petak Rp 500.000 setiap bulannya. Tidak hanya uang sewa, ia juga harus melunasi biaya sekolah anak-anaknya sebagai hal yang diutamakan.

Oleh karena itu, tak heran bila untuk makan setiap harinya saja mereka harus menahan lapar dari pagi hingga sore karena belum ada uang untuk belanja beras dan lauk pauknya. Meski keadaan ekonominya cukup sulit, Mang Sobarna menahan diri dan tidak berani meminjam uang kepada orang lain untuk kebutuhan hidupnya. Namun bulan lalu, karena ia sangat butuh uang untuk melunasi biaya ujian anak keduanya sebesar satu juta rupiah, beliau pun terpaksa meminjam. Itulah jumlah hutang yang beliau punya saat ini.

Ketika virus corona mewabah, komplek perumahan yang biasa Mang Sobarna berkeliling tidak membolehkan dimasuki oleh orang dari luar, ini membuatnya kebingungan. Karena itulah, Mang Sobarna semakin sulit menemui para pelanggannya. Padahal dari berkeliling itulah dia berharap bisa mendapatkan pemasukan. Akhirnya, uangpun tidak dia dapatkan.

Sore hari itu, pada 04 April 2020 beliau baru mendapatkan pemasukan Rp 20.000 saja. Lantas, bagaimana dengan esok, lusa dan seterusnya? Bagaimana dengan biaya tagihan, kebutuhan pangan dan biaya sekolah anak-anaknya? Tentu tidak mudah untuk dihadapi Mang Sobarna bila keadaannya terus seperti ini.

Akhirnya, melalui program Baitul Ma’mur Peduli bekerja sama dengan LAZ UCare Indonesia memberikan bantuan Rp 500.000 untuk Mang Sobarna dalam memenuhi kebutuhan makan atau kebutuhan lainnya. Saat menerima bantuan tersebut matanya berkaca-kaca, penuh haru dan merasa bahagia atas perhatian yang diberikan kepadanya.

Tidak hanya Mang Sobarna, banyak orang-orang di luar sana yang merasakan kesulitan untuk mencari pemasukan dari profesi hariannya di tengah maraknya pandemi ini.

Sahabat, jangan biarkan Mang Sobarna dan saudara-saudara kita di luar sana kekurangan apalagi kelaparan karena tidak mendapat pemasukan. Bagaimana anak, istri dan keluarganya yang menanti di rumah dan berharap tercukupi kebutuhannya? Tentu besar harapan mereka untuk itu.

Mari bersama kita bahu membahu untuk menopang ekonomi saudara-saudara kita di luar sana yang membutuhkan bantuan. Berapapun donasimu akan sangat berguna bagi mereka.

Donasi bisa disalurkan melalui:
https://donasi.ucareindonesia.org/bersama-lawan-corona/

atau melalui transfer ke:

BSM 7100 3000 14
Mandiri 167 000 2432 085
BNI Syariah 068 566 4701
A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Tambahkan infaq Rp. 119 sebagai tanda donasi.
Contoh: transfer Rp. 1.000.119

Konfirmasi dan informasi ke
Telp. (021) 8896 0316
Hotline. 0813 9555 5868

Informasi lengkap dan sapa kami melalui:
Instagram : @lazucare
FB : Laz U-care ID
Twitter : LAZ Ucare
Telegram : https://t.me/UCareIndonesia
Website : https://www.ucareindonesia.org
Email : [email protected]

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316