3 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mencegah Banjir

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Banjir di Indonesia masih menjadi problema yang sering kali terjadi, terutama di tengah musim penghujan seperti sekarang ini.  Intensitas hujan yang tinggi serta beberapa faktor lainnya, membuat banjir seringkali datang dalam keadaan tidak terduga. Untuk itu penting sekali agar kita semua mengetahui hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk mencegah terjadinya banjir.

Berikut 3 hal yang bisa dipersiapkan untuk mencegah datangnya banjir, yaitu:

1. Membersihkan Pekarangan Rumah dan Sekitarnya

Salah satu penyebab terjadinya banjir adalah karena banyaknya puing-puing, sampah, atau benda yang berserakan di pekarangan sehingga menyumbat saluran air (selokan). Sampah-sampah yang seharusnya dibuang pada tempatnya tentu akan baik untuk lingkungan, tapi akan beda ceritanya jika sampah dibuang secara sembarangan atau benda-benda di sekitar pekarangan rumah berceceran. Untuk itu, ajaklah anggota keluarga untuk membersihkan rumah dan pekarangan secara rutin, terutama di area-area yang menjadi jalan air.

2. Buanglah Sampah pada Tempatnya

Sampah dari rumah tangga akan sangat berguna bila dipilah dan disortir dengan baik. Pisahkan antara sampah yang organik dan anorganik. Sehingga sampah organik dapat dimanfaatkan untuk menjadi pupuk kompos, sedangkan anorganik dapat dibersihkan kemudian dikirim ke Lembaga pengelolaan sampah atau Bank Sampah yang nantinya akan menjadi manfaat baru. Meskipun terlihat remeh, namun kebiasaan membuang sampah yang buruk karena tidak pada tempatnya akan  memberikan peluang untuk terjadinya banjir sebab adanya sumbatan yang menutupi saluran air atau tanah.

Baca artikel lainnya: Memasuki Musim Penghujan, Baca Doa Saat Turun Hujan

3. Menanam  Pohon atau Tanaman di Lingkungan Rumah

Semenjak pandemi, semakin banyak orang yang memiliki daya tarik berkebun atau mengoleksi tanaman. Di musim penghujan seperti saat ini, tanaman juga pepohonan memang memiliki peran yang sangat fundamental karena akar-akarnya dapat membantu proses penyerapan air. Karenanya, rawatlah pohon dan tanaman di sekitar tempat tinggal kita. Karena dengan adanya pepohonan dan tanaman dapat membantu mengalirkan air hujan untuk diserap oleh tanah sehingga bisa menjadi cadangan air tanah.

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Alangkah baiknya bila di musim penghujan ini, kita mengantisipasi terjadinya banjir dengan menerapkan beberapa langkah di atas. Tentunya banjir bukanlah sesuatu yang remeh sebab dapat merugikan secara materiil maupun keselamatan manusia sendiri.

Yuk, cegah banjir dengan menerapkan kebersihan dan peduli lingkungan yang lebih baik!

Selain itu, salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan untuk mencegah banjir bisa dengan bersedekah. Karena dalam hadist disebutkan, ”Bersegeralah kalian untuk mengeluarkan sedekah, karena sungguh bencana tak dapat melewati sedekah“ (HR Thabrani). Sedekah mudah dari rumah aja, klik di sini.

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316