3 Masalah yang Muncul Akibat Kecanduan Gadget pada Anak Beserta Solusinya

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Sudah bukan menjadi hal baru, bila orangtua di era digital ini lebih mudah memberikan gadget saat anak sedang rewel atau ngambek. Karena dalam sekejap, anak-anak bisa melupakan rengekan atau rewelannya saat sudah asik menikmati gadget di genggaman.

Namun dibalik ketenangan anak, ternyata ada dampak negatif yang mengintai bila sang buah hati kecanduan gadget. Berikut 3 masalah atau dampak negatif yang muncul akibat kecanduan gadget pada anak, yaitu:

  1. Terisolasi dari Kehidupan Sosial

Tidak hanya orang dewasa, dampak negatif yang diperoleh anak-anak saat kecanduan gadget, mereka juga akan terisolasi dari kehidupan sosial yang sebenarnya. Mereka akan asik sendiri dengan media sosial, sampai enggan untuk bergaul dengan teman-temannya di dunia nyata. Anak-anak akan lebih terhibur dengan gadget, ketimbang bermain dengan teman-teman sepantarannya.

Tentunya, jika terus dibiarkan hal ini akan tidak baik untuk kehidupan sosial anak ke depannya. Jadi ayah bunda, mulai sekarang mari ajak anak-anak untuk lebih akrab dengan teman-temannya ketimbang gadgetnya.

2. Mempengaruhi Akademik Anak

Selain membuat anak terisolasi dari kehidupan sosial, anak-anak yang kecanduan gadget juga berpeluang mengalami penurunan akademik. Terlalu asik bermain gadget juga mengakibatkan anak-anak menurun daya minat untuk belajar dan mempelajari hal-hal baru di luar penggunaan gadget.

3. Menurunkan Kualitas Tidur

Anak-anak yang sampai malam masih memegang gadget dan terlalu asik menikmati tontonannya, kemungkinan besar akan memberikan pengaruh kualitas tidur mereka. Anak-anak jadi susah untuk lepas gadget sampai-sampai mengabaikan waktu ideal untuk tidur. Mereka jadi suka begadang dan ketika sudah lelah, mereka akan tertidur bersama gadgetnya.  

Bagaimana ayah bunda? Tentu kita tidak ingin bukan anak-anak menjadi kecanduan gadget di usia mudanya karena akan berdampak besar di kemudian hari. Oleh karena itu, mari kita temukan solusi dan tips untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak melalui rangkaian Webinar Parenting persembahan UCare Indonesia.

Webinar Parenting UCare Indonesia

Tips Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Narasumber: Abi Fakhri Nabhan Rabbani

(Pakar Parenting, Tokoh Pendidikan Indonesia, Penulis Buku-Buku Best Seller)

Catat waktunya ya :

Hari/Tanggal : Sabtu, 13 November 2021

Waktu : 19:30 WIB – 21.00 WIB

Lokasi: Zoom Meeting

Segera daftarkan diri ayah & bunda melalui https://bit.ly/ParentingUCare

Jangan lupa ajak buah hati, keluarga, sahabat, dan kerabat untuk bergabung!

UCare Indonesia

Cinta Berbagi Tanpa Henti

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316