5 Keutamaan Bulan Rabiul Awal

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bulan Rabiul awal adalah bulan ketiga dalam kalender hijriyah dan menjadi bulan yang dimuliakan oleh umat islam. Bukan tanpa sebab, karena pada bulan inilah baginda Nabi Muhammad SAW, sosok manusia yang agung lagi berakhlakul karimah dilahirkan ke dunia. Peristiwa penting itu jatuh pada hari Senin, 12 Rabiul Awal pada tahun Gajah. Bulan Rabiul awal juga dikenal masyarakat sebagai bulan Maulud atau Maulid Nabi SAW yang artinya bulan kelahiran baginda Rasulullah SAW.

Berikut adalah 5 keutamaan yang dimiliki bulan Rabiul awal, yaitu:

  1. Bulan lahirnya Rasulullah SAW yang merupakan pemimpin seluruh umat muslim.

وَمَآ أَرْسَلْنَٰكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعَٰلَمِينَ

Artinya: “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (Qs Al-Anbiya 107)

Rasulullah SAW yang dikenal sebagai utusan Allah, manusia agung, pembawa berkah dan rahmat telah dilahirkan pada hari Senin, 12 Rabiul Awal tahun Gajah. Bertepatan juga pada tahun 571 Masehi di Makkah.

2. Bulan wafatnya Rasulullah SAW

Bulan ini juga Rasulullah wafat yaitu hari Senin, 12 Rabiul Awal tahun 11 Hijriyah atau 8 Juni 632 Masehi. Di usia beliau yang ke-63 tahun lebih empat hari akhirnya beliau  menghembuskan nafas terakhirnya.

Baca artikel lainnya: 4 Hal yang Mendatangkan Rezeki

3. Disunnahkan banyak membaca shalawat di bulan ini

Sebagai bulan yang dikenal sebagai bulan kelahiran Rasulullah, maka disunnahkan pula bagi kita untuk banyak bershalawat kepadaNya sebagai salam penghormatan sekaligus ungkapan cinta kepada Rasulullah SAW.

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”. (QS. Al-Ahzab ayat 56)

4. Bulan yang memiliki banyak berkah

Sebab dilahirkannya Rasulullah pada bulan Rabiul Awal, bulan ini juga mempunyai keberkahannya tersendiri. Dengan hadirnya beliau di muka bumi ini sebagai utusan Allah, beliau mendatangkan rahmat dan keberkahan bagi seluruh alam, termasuk di dalamnya keberkahan bagi umat islam.

5. Melakukan banyak amal kebaikan

Tentu sebagai umat Nabi Muhammad SAW, sudah menjadi tugas kita untuk meningkatkan rasa cinta dan keimanan kepadaNya. Menjadi bulan yang tak boleh disia-siakan dalam beramal sholeh, seperti banyak membaca Al-Qur’an, bershalawat, bersedekah, dsb.

Hari ini Jumat pertama di bulan Rabiul awal 1443 Hijriyah, hari dan bulan yang baik bagi kita untuk banyak beramal sholeh. Yuk, sambut dan lengkapi bulan Rabiul awal ini dengan banyak berbuat baik seperti bersedekah Jumat.

Sedekah mudah dari rumah aja, transfer melalui:

BSI (BSM) 7100 3000 14

Mandiri 167 000 2432 085

BNI Syariah 068 566 4701

BCA 066 327 1960

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Informasi dan konfirmasi melalui:

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. +62 8222 3339 773

Informasi lengkap dan sapa kami melalui:

Instagram : @lazucare

FB : UCare Indonesia

Twitter : @ucareindonesia

You Tube : LAZ UCare

Telegram : https://t.me/UCareIndonesia

Website : https://www.ucareindonesia.org

Website Donasi : https://donasi.ucareindonesia.org/

Email : [email protected]

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316