4 Hal yang Mendatangkan Rezeki

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Rezeki setiap makhluk memang telah Allah SWT tentukan. Dan tugas kita adalah berusaha semaksimal mungkin menjemputnya dengan ikhtiar, doa kemudian tawakkal padaNya.

Terus, apa aja sih hal-hal yang bisa mendatangkan rezeki?

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata :

وأربعة تجلب الرزق:  قيام الليل ,وكثرة الإستغفار بالأسحار , وتعاهد الصدقة , والذكر أول النهار وآخره.

Ada 4 hal yang bisa mendatangkan rejeki :

  1. Qiyamullail (shalat malam)
  2. Memperbanyak istighfar di waktu sahur
  3.  Membiasakan sedekah
  4. Berdzikir di awal pagi dan sore hari

 Zaadul Maad 4/378

Baca artikel lainnya: Ancaman Bagi yang Tidak Mau Membayar Zakat

4 HAL YANG DAPAT MENGUNDANG REZEKI

  1. Qiyamullail (shalat malam)

Selain shalat wajib, shalat malam juga memiliki keutamaannya tersendiri. Allah SWT akan memberikan balasan kepada siapa saja yang mengerjakannya. Tak hanya itu, Allah SWT juga akan mengabulkan dan memberikan berbagai macam kenikmatan sebagai balasan bagi mereka yang menunaikan shalat malam.

تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya: “Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo’a kepada Rabb-nya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkah-kan sebagian dari rizki yang Kami berikan ke-pada mereka. Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata, sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” [As-Sajdah/32: 16-17]

2. Memperbanyak istighfar di waktu sahur

Istighfar adalah bentuk seorang hamba untuk memohon ampun kepada Allah SWT. Karena manusia tidak luput dari berbuat salah. Oleh karenanya untuk menghapus dosa-dosa, maka dianjurkan seorang hamba untuk banyak beristighfar, terutama di waktu-waktu terbaik seperti waktu sahur. Istighfar juga membuka pintu rezeki bagi yang mengerjakannya.

3. Membiasakan sedekah

Sedekah kepada sesama ialah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karenanya, setiap muslim dianjurkan untuk banyak bersedekah. Tidak mesti lewat harta, bersedekah juga bisa lewat menolong sesama sesuai dengan yang kita mampu, misal menolong orang menyeberang di jalan, menyingkirkan duri, tersenyum kepada sesama, dll.

4. Berdzikir di awal pagi dan sore hari

Berdzikir atau menyebut nama Allah SWT, senantiasa memuji asma-asmaNya adalah baik untuk selalu dilakukan. Baik itu diwaktu pagi ataupun petang. Terlebih lagi sebelum mengawali aktivitas, maka akan menjadi nilai ibadah di sisi Allah SWT. Keutamaan lainnya dengan berdzikir akan membuka pintu rezeki.

 Zaadul Maad 4/378

Khusus di nomer 3, UCare Indonesia siap jadi solusi kamu untuk sedekah, infaq, dan zakat online loh. Tunggu apalagi? Yuk, sedekah sekarang agar membuka pintu rezeki!

Sedekah mudah langsung di sini!

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316