5 Perkara yang Harus Diperhatikan Seorang Muslim
5 perkara

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Waktu adalah hal berharga yang perlu digunakan sebaik-baiknya oleh setiap manusia. Bahkan, saking bernilainya, Allah Subhanahu Wa Ta’ala sampai bersumpah tentang waktu dalam Al-Qur’an.

Yang artinya: “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.” (QS. Al-Ashr 1-3)

Tentunya, agar tidak menjadi orang yang merugi, setiap orang dianjurkan untuk mengatur waktu yang ada dengan baik. Seperti mengisinya dengan amal-amal sholeh. Karena setiap perbuatan baik sekecil apapun akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT. Jangan sampai menyesal manakala waktu yang ada tidak dipergunakan dengan maksimal.

Bukan sekedar waktu, ternyata ada 5 hal juga harus diperhatikan seorang muslim agar tidak mengalami penyesalan di kemudian hari.

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallah ‘alaihi wa sallam pernah menasehati seseorang,

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَ فَرَاغَكَ قَبْلَ شَغْلِكَ وَ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

“Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara

(1) Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,

(2) Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,

(3) Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,

(4) Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,

(5) Hidupmu sebelum datang matimu.”

(HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya 4: 341. Al Hakim mengatakan bahwa hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari Muslim namun keduanya tidak mengeluarkannya. Dikatakan oleh Adz Dzahabiy dalam At Talkhish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim. Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Baca artikel lainnya: 3 Macam Sabar Menurut Para Ulama

Manfaatkan 5 perkara ini sebelum datang 5 perkara lainnya, yaitu:

1. Manfaatkan Waktu Muda, Sebelum Datang Waktu Tua

Masa muda seringkali menipu. Mungkin masa muda seringkali dinilai sebagai masa huru-hara, padahal tidak demikian. Karena masa tua seseorang, ditentukan dari masa mudanya. Jika seseorang sedari muda sudah rajin dan tekun, di masa tuanya dia akan dengan mudah memanen hasilnya.  Akan beda ceritanya, bila sejak muda sudah bermalas-malasan untuk ibadah, maka bagaimana masa tuanya? Sedangkan kondisi dalam susah payah. Karenanya, manfaatkan waktu muda sebelum datang waktu tua.

2. Manfaatkan Waktu Sehat, Sebelum Datang Waktu Sakit

Sehat itu baru terasa berharga Ketika sudah sakit. Betapa banyak orang yang sakit mengeluh dan menyesali mengapa tidak menggunakan waktu ketika sehat dengan baik. Karenanya, sebelum penyesalan itu datang, marilah kita gunakan sebaik mungkin waktu sehat yang ada untuk lebih banyak berbuat baik serta menjaga pola hidup yang lebih sehat.

3: Manfaatkan Waktu Kaya, Sebelum Datang Masa Kefakiran

Fakir miskin adalah ujian, namun bergelimangan hartapun juga ujian. Tapi tidak sedikit orang yang menyadarinya. Banyak orang berdoa agar diberikan kekayaan, namun jika kekayaan itu menjauhkan diri dari Allah, tentu itu menjadi hal yang amat disayangkan. Karenanya mumpun masih ada kelebihan rezeki yuk kita berbagi kepada sesama, sebelum menyesal karena menundanya.

4: Manfaatkan Waktu Luang, Sebelum Datang Waktu Sibuk

Biasanya kalau sudah sibuk, banyak hal terlewatkan. Beda ceritanya bila ada waktu luang, terkadang bingung harus mengisinya dengan apa. Karenanya, Rasulullah menghimbau kepada setiap umatnya untuk lebih memaksimalkan waktu luang. Jangan sampai hal-hal yang bisa dikerjakan justru tertunda atau terlupakan ketika sibuk sudah menghadang.

5. Manfaatkan Waktu Hidup Sebelum Datang Kematian

Jangan sampai penyesalan datang saat ajal sudah datang. Karena tak ada lagi yang bisa dilakukan. Banyak hal bermanfaat, banyak amal sholeh yang bisa dikerjakan maka harus segera dikerjakan saat Allah masih berikan nafas dan kehidupan. Semoga kita termasuk hamba-hambanya yang pandai menggunakan waktu hidup dengan mengisi amal sholeh di dalamnya.

Semoga kita semua hamba-hambaNya yang dapat memanfaatkan waktu dengan baik. Tidak ingin melewatkan kesempatan berbuat baik hari ini, bukan?

Tunaikan zakat, infaq, dan sedekahmu sekarang melalui nomer rekening:

BSM 7100 3000 14

Mandiri 167 000 2432 085

BNI Syariah 068 566 4701

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Konfirmasi dan informasi ke

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. +6282223339773

Informasi lengkap dan sapa kami melalui:

Instagram : @lazucare

FB : Laz U-care ID

Twitter : LAZ Ucare

Telegram : https://t.me/UCareIndonesia

Website : https://www.ucareindonesia.org

Email : [email protected]

Youtube : Laz Ucare

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316