7 Hal yang Dapat Merubah Hidup Bila Konsisten Dilakukan

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Menjadi orang yang luar biasa dari segi kepribadian tentu menjadi keinginan semua orang. Karena karakter, akhlak, dan kepribadian yang baik tidak hanya memberikan kebaikan untuk diri sendiri tapi juga untuk banyak orang. Sebagaimana kata pepatah mengatakan ‘Siapa yang menanam, dia bakal memanen hasilnya’. Bila seseorang memiliki perilaku dan kebiasaan yang baik, maka akan baik pula hidupnya dan orang-orang di sekitarnya.

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik, salah satu hal yang bisa ditempuh adalah dengan memulai dari diri sendiri. Nah, terus apa aja sih 7 hal yang dapat merubah hidup bila seseorang tekun mengerjakannya? Ini dia 7 hal yang dapat merubah hidup, di antaranya:

  1. Selalu bersyukur terhadap pemberianNya

Diberikan pertolongan saja, seseorang pasti merasa perlu untuk mengucapkan terimakasih kepada yang menolongnya. Apalagi seorang hamba yang telah diberikan banyak nikmat oleh Rabbnya, tentu penting rasanya untuk bersyukur sebanyak-banyaknya atas semua pemberian yang telah diberikan kepada kita, hambaNya.

2. Membuat perencanaan yang matang

Memang perencanaan itu sangat membantu seseorang untuk mencapai tujuannya. Memang mungkin saja bila tidak direncanakan akan tercapai, namun peluangnya tidak sebesar orang-orang yang sebelum mengerjakan sesuatu ditulis, direncanakan, dan dipersiapkan dengan baik. Karenanya, agar hidupmu lebih produktif dan terarah, kamu perlu untuk membuat perencanaan.

3. Mencintai diri sendiri karena telah berjuang

Tentu banyak sekali rintangan dalam hidup yang pernah sahabat lewati hingga sampai di titik ini. akan sangat baik bila kita menghargai diri sendiri dengan cara mencintai diri, memberikan apresiasi dan senantiasa melakukan sesuatu sesuai kadar kemampuan.

4. Selalu berbuat baik dimanapun dan kepada siapapun

Berbuat baik itu hal yang ringan dan mudah. Tapi yang berat adalah alasan untuk menunda ataupun merasa ragu untuk memulainya. Contohnya saja berbagi, bersedekah, dan membantu sesama yang sebenarnya sangat mudah bila membantu sesuai dengan kemampuan dan tanpa mengharap balas budi. Karenanya, jangan lupa ya untuk terus berbuat baik.

Baca artikel lainnya: Ada Pahala Sedekah Dibalik Setiap Kebaikan

5. Menjaga hubungan baik kepada sesama

Manusia adalah makhluk sosial, tak bisa lepas dari kehidupan bersama orang lain. Siapapun pasti akan membutuhkan bantuan orang lain. Karenanya agar hidup hidup seseorang bisa lebih baik, pastikan untuk selalu menjaga hubungan baik kepada sesama.

6. Tidak pernah lupa mengucapkan tolong, maaf, dan terimakasih

Sebuah ucapan kerap kali akan menyimpulkan kepribadian seseorang. Karenanya orang yang ingin hidupnya lebih baik, maka mereka tidak akan pernah lupa untuk selalu menjaga tata krama, salah satunya dengan tidak lupa untuk mengucapkan kata tolong, maaf dan terimakasih.

7. Berhati-hati dalam berucap & bertindak

Pernah dengan istilah lidah lebih tajam daripada pedang? Itu memang benar adanya. Seringkali kita tidak menyadari bahwa keselamatan seseorang berasal dari lisannya. Lisan yang mudah untuk mengucapkan kata-kata baik dan lembut, akan menjadikan hidup seseorang lebih tenang dan tentram. Lain ceritanya bila seseorang bertindak atau berucap yang tidak baik. Maka juga akan berdampak buruk untuk hidupnya.

Berpacu dengan waktu dan roda hidup yang terus berputar membuat kita akan sadar betapa pentingnya untuk segera mengubah diri dan kehidupan menjadi lebih baik. Hal-hal kecil akan sangat berarti dan terasa di kemudian hari. Karenanya, yuk jadikan waktu yang ada ini sebagai kesempatan untuk mengubah diri menjadi pribadi yang lebih baik.

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316