7 ADAB TIDUR SESUAI SUNNAH RASULULLAH SAW
hidup harus seimbang

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Adab tidur sesuai sunnah hendaknya menjadi hal yang harus diperhatikan serta diamalkan oleh kaum muslim. Bagaimana tidak, dalam segala aspek kehidupan bahkan dalam tidur pun, agama islam telah mengatur adab-adab yang mestinya diamalkan. Apalagi memperhatikan dan mengikuti sunnah Nabi adalah jalan menuju surga.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya (Muhammad), niscaya Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian, dan menjadikan cahaya untukmu yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan serta Dia mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang” (QS. Al-Hadid: 28)

 

7 Adab Tidur Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

adab tidur sesuai sunnah

Adab tidur sesuai sunnah tidak hanya sebagai bukti keteladanan terhadap Nabi SAW semata, namun juga agar kita senantiasa dalam keadaan baik dan bersih sekalipun saat istirahat. Tidur adalah aktivitas penutup pada ujung hari. Meski begitu, rasa lelah setelah seharian beraktivitas hendaknya tidak membuat seseorang melupakan adab menjelang tidur. Lalu apa saja yang harus dilakukan seseorang menjelang tidur?

1.Tidurlah dalam keadaan berwudhu

 

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat,” (HR. Bukhari Muslim).

Baca juga: Kunci Masuk Surga dengan Rahmat Allah atau dengan Amalan?

2. Berbaring di sisi kanan

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: اِضْطَجِعْ عَلَى شَقِّكَ اْلأَيْمَنِ. “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” [HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710]

 

3. Meniup kedua telapak tangan sambil membaca surat Al Ikhlash, Al Falaq, dan An Naas (masing-masing sekali)

 

4. Membaca ayat kursi

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca Ayat Kursi ketika akan tidur, maka Allah senantiasa menjaganya dan tidak akan didekati setan sampai subuh.” (HR. Bukhari)

 

5. Membaca doa sebelum tidur

Dari Bara bin Azib radhiyallahu anhu berkata bahwa ketika Rasulullah akan tidur, beliau akan berbaring di sisi kanan dan berdoa

“Ya Allah aku menyerahkan diriku kepadaMu, aku serahkan urusanku kepadaMu, aku menghadapkan wajahku kepadaMu, dan aku sandarkan punggungku kepada-Mu, karena mengharap dan takut kepadaMu.”

 

6. Mendirikan shalat witir sebelum tidur

dari Abu Hurairah tentang wasiat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepadanya. Abu Hurairah berkata,

 

أَوْصَانِى خَلِيلِى – صلى الله عليه وسلم – بِثَلاَثٍ صِيَامِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَرَكْعَتَىِ الضُّحَى ، وَأَنْ أُوتِرَ قَبْلَ أَنْ أَنَامَ

 

“Kekasihku yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku tiga wasiat: (1) berpuasa tiga hari setiap bulannya, (2) mengerjakan dua rakaat shalat Dhuha, (3) mengerjakan witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari no. 1981).

 

7. Mengibaskan tempat tidur

“Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, ‘bismillaah,’ karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR Al Bukhari, Muslim, At Tirmidzi, dan Abu Dawud).

 

Adab Tidur Sesuai Sunnah: Bagian Menjalankan Sunnah Nabi

adab tidur sesuai sunnah

Adab tidur sesuai sunnah menjadi bukti cinta dan mengagungkan sunnah Nabi Muhammad SAW. Terlebih akhlak Rasulullah adalah akhlak Al-Qur’an sehingga sangat sempurna dan hendaknya menjadi teladan bagi para umatnya.

 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda yang artinya: “Setiap umatku akan masuk surga kecuali orang yang enggan. Mereka (para shahabat) bertanya, ‘Wahai Rasulullah, siapakah orang yang enggan masuk surga itu?’ beliau menjawab, “Siapa yang mentaatiku ia masuk surga dan siapa yang mendurhakaiku (berarti) sungguh ia telah enggan masuk surga.” (HR. Imam Al-Bukhari).

 

Nah Darmacare, itulah 7 adab tidur ala Rasulullah SAW. Begitu detailnya Rasulullah memberi contoh bagi kita semua. Untuk itu, mari kita ikuti adab tidur ala Rasulullah ini yaa 😊

 

Bantu sesama agar bangkit Kembali: bantusesama.or.id

 

Follow Social Media UCare Indonesia

Instagram : @lazucare

FB : UCare Indonesia

Twitter : @laz_ucare

You Tube : LAZ UCare

Website Official : https://www.ucareindonesia.org/

 

 

More
articles