Amalkan Doa Ini Agar Dijauhkan dari Segala Macam Musibah

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Setiap insan pasti mengharapkan hidup yang tenang, aman, nyaman, dan tentram. Namun perkara terjadinya musibah, tak pernah ada yang bisa mengetahui. Karena setiap musibah bisa datang kapan saja, baik siap atau tidak para makhluknya. Namun, agar terhindar dari berbagai musibah, seorang muslim tentu dapat memohon perlindungan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, karena hanya kepadaNyalah kita mohon segala pertolongan.

Rasulullah SAW juga telah mengajarkan umatnya agar senantiasa mohonkan perlindungan kepada Allah dari segala musibah.

تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلاَءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

Artinya: “Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian.” (HR. Bukhari)

Doa adalah senjatanya orang beriman, karenanya setiap muslim dianjurkan perbanyak doa dengan penuh keyakinan bahwa doa akan dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh karenanya, setiap insan diharuskan senantiasa berdoa, memohon perlindungan dan pertolongan kepada Allah, serta mengharap agar dijaukan dari segala macam musibah, malapetaka atau bencana yang hakekatnya tidak diketahui oleh hamba itu sendiri.

Yang pertama, doa memohon perlindungan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Sebagaimana yang tertera dalam Al-Qur’an,

رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِي وَتَرْحَمْنِي أَكُنْ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakekat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi“. (QS. Hud: 47)

Yang kedua, salah satu doa atau dzikir pagi dan petang yang diajarkan oleh Rasulullah SAW

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui).” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Yang ketiga, doa yang bisa diamalkan untuk mohon kebaikan, keberkah, dan dijaukan dari segala ujian di dunia dan siksa akhirat.

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَاوَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Artinya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al Quran yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.”

Dengan berharap kepada Allah disertai dengan doa-doa terbaik, diharapkan setiap hamba mendapatkan pertolongan dari Allah serta dijauhkan dari berbagai musibah dan berbagai bencana yang tidak diinginkan. Untuk menyempurnakan doa-doa yang sahabat panjatkan, dapat juga dampingi dengan sedekah terbaik. Seperti sedekah kepada anak-anak yatim.

Untuk sedekah yatim dapat klik di sini.

More
articles