Larangan Menghardik Anak Yatim dalam Islam

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Setiap muslim hendaknya berkata dan berperilaku yang baik kepada sesama, apalagi kepada anak yatim. Anak yatim merupakan hamba-hamba yang Allah jaga dan lindungi. Karenanya, tidak boleh bagi siapapun untuk bersikap sewenang-wenang, sesuka hati menyakiti dan mendzalimi anak yatim. Apalagi sampai merampas dan memakan hartanya secara batil. Itu sama saja, melangkah kepada keburukan, jalan kebatilan hingga menuju kepada murkanya Allah SWT. Bahkan, tidak tanggung-tanggung orang yang menyakit anak yatim termasuk ciri pendusta agama. Naudzubillahi min dzalik.

Dalam Al-Qur’an di surah Al-Ma’un disebutkan:

أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ . فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ . وَلَا يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِينِ . فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ , الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ . الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ . وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ

Artinya: “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya, dan enggan (menolong dengan) barang berguna.”(QS. Al Ma’un: 1-7)

Karena menghardik anak yatim bukanlah hal yang baik, sebaiknya setiap manusia banyak melakukan kebaikan dan amal sholeh lewat berbagi kepada anak-anak yatim. Karena melalui merekalah, umat islam dapat memperoleh pintu-pintu surga dan jalan menuju keridhoan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Bahkan Rasulullah sendiri sudah memberikan teladan kepada kita umatnya, untuk lebih peduli dan berkasih sayang terhadap kehidupan anak-anak yatim.

Bulan Muharram ini, UCare Indonesia akan mengadakan program “Semarak Yatim Bahagia” dengan membagikan 300 paket dan bingkisan cinta untuk anak-anak yatim di Kota Bekasi, yang terdampak pandemi. Bagi sahabat Darmacare yang ingin untuk berbagi dan menyantuni anak-anak yatim saat ini, silahkan langsung berdonasi melalui Sedekah Semarak Yatim Bahagia, https://donasi.ucareindonesia.org/site/detail/17

atau langsung transfer sedekah di sini:

BSI (BSM) 7100 3000 14

BSI (BNI Sya) 068 566 4701

Mandiri 167 000 2432 085

BCA 066 327 1960

Bank Muamalat 3050 7000 73

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

BRI 1623 01 000 032 307

A.n UCare Indonesia

Konfirmasi transfer melalui:

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. +62 8222 3339 773

More
articles