Bayar Zakat di Lembaga? Kenapa Ngga! Ini Dia 5 Alasannya

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

[vc_row][vc_column][vc_single_image image=”10371″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]Zakat merupakan rukun islam yang keempat setelah puasa. Dimana kedudukannya menjadi bagian dari pilar bangunan islam yang sangat penting. Kewajiban menunaikan zakat pun seringkali diiringi dengan kalimat perintah menunaikan shalat.  Bahkan, menurut para ulama kedudukan zakat dan shalat memiliki kesetaraan.

 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, yang artinya:

Ambillah Zakat Dari Sebagian Harta Mereka, Dengan Zakat Itu Kamu Membersihkan dan Mensucikan Mereka” (Qs. At Taubah: 103)

 

Zakat menjadi jalan untuk membersihkan harta juga mensucikan jiwa umat islam. Oleh sebab itu, sudah seharusnya perintah untuk menunaikan zakat tidak perlu diragukan lagi sebab itu adalah perintah langsung dari Allah Ta’ala.

 

Adapun orang-orang yang berhak menerima zakat ada 8 golongan. Siapa saja mereka? Allah Ta’ala telah menjawab …

Sesungguhnya Zakat-Zakat Itu, Hanyalah untuk Orang-Orang Fakir, Orang-Orang Miskin, Pengurus-Pengurus Zakat, Para Mu’allaf yang Dibujuk Hatinya, Untuk (Memerdekakan) Budak, Orang-Orang yang Berhutang, Untuk Jalan Allah dan Untuk Mereka Yang Sedang dalam Perjalanan, Sebagai Suatu Ketetapan yang Diwajibkan Allah, Dan Allah Maha Mengetahui Lagi Maha Bijaksana.” (Qs. At-Taubah: 60)

8 golongan yang berhak menerima zakat dalam Al-Qur’an yaitu: Fakir, Miskin, Amil, Mu’allaf, Riqab, Gharimin, Fii sabilillah dan Ibnu Sabil. Merekalah orang-orang yang Allah pilih untuk mendapatkan bantuan berupa zakat.

 

Agar zakat yang diberikan oleh muzakki (orang yang berzakat) bisa tersalurkan dengan baik kepada mustahiq secara tepat, maka sebaiknya diserahkan dan dipercayakan kepada Lembaga Amil Zakat, seperti LAZ UCare Indonesia di Kota Bekasi.

 

Yang menjadi pertanyaannya…

Mengapa sih harus membayar zakat di Lembaga?

 

1. Sesuai syariah

Pada masa awal islam, Rasulullah dan Abu Bakar adalah sosok yang sangat penting dalam mengatur mekanisme pengelolaan zakat. Sudah dari zaman Rasul hingga saat ini, zakat telah dikelola oleh lembaga zakat pada masanya. Hingga saat ini pun, lembaga zakat tetap hadir untuk menerima, mengatur dan mengelola dana zakat. Selain itu, lembaga zakat pun mengelola zakat sesuai syariah.

 

2. Diberikan kepada Mustahiq Sesuai Ketentuan Agama

Diperlukan adanya kesadaran serta kepercayaan dari muzakki untuk menunaikan zakatnya kepada lembaga zakat agar pendistribusian bisa diberikan kepada mereka yang berhak menerimanya sesuai agama. Sehingga zakat yang diberikan akan jatuh di tangan orang yang tepat.

 

3. Memberdayakan Masyarakat

Jika sahabat membayar zakat melalui lembaga amil zakat, maka akan memberdayakan masyarakat sekaligus  membantu untuk mengentaskan kemiskinan yang terjadi di sekitar kita. Sekaligus untuk mengangkat harkat, derajat dan martabat kemanusiaan.

 

4. Kemaslahatan Bersifat Jangka Panjang

Zakat yang diberikan secara langsung dalam bentuk uang, kemungkinan akan membuat penerima manfaat menjadi konsumtif. Akan beda ceritanya, jika Sahabat memberikan dana zakat dan disalurkan kepada lembaga amil zakat, maka zakat yang dititipkan akan jauh lebih produktif karena dipastikan pengelolaan zakat dilakukan dengan baik dan diperuntukkan demi kemaslahatan ummat.

 

5. Mengurangi PKP (Penghasilan Kena Pajak)

 Jika sahabat membayar zakat melalui Lembaga Zakat seperti LAZ UCare Indonesia maka setiap pembayaran akan mendapatkan bukti. Bukti tersebut bisa digunakan sebagai pengurang Penghasilan Kena Pajak sebagaimana yang tercantum dalam UU No. 36 Tahun 2008 tentang Pajak penghasilan. Jadi, selain membawa keberkahan, zakat juga sangat bermanfaat untuk mengurangi pajak penghasilan.

 

Yang terpenting adalah dengan membayar melalui lembaga zakat, InsyaAllah akan lebih menjaga keikhlasan hati dalam beramal. Sehingga tidak ada niat yang keliru sehingga khawatir bisa mengurangi atau merusak nilai ibadah zakat itu sendiri.

 

Sekarang, udah tahu kan kenapa harus bayar zakat di lembaga zakat?

Yuk, segera tunaikan zakatmu kepada LAZ UCare Indonesia. InsyaAllah, zakat Anda akan disalurkan secara tepat dan sesuai syariat!

 

Salam,

LAZ UCare Indonesia

Cinta Berbagi, Tanpa Henti[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

More
articles