Cukuplah Allah Sebagai Penolong, KepadaNya Kita Meminta
cara meminta maaf kepada orang tua

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Cukuplah Allah sebagai penolong. Hanyalah Allah SWT sebaik-baik Pelindung. Karena segala apa yang ada di bumi dan langit semua tak ada yang  memiliki kekuatan, kecuali atas kehendak Allah SWT.

QS. Ali ‘imran 173: Cukuplah Allah Sebagai Penolong

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُartinya: “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”. (QS. Ali ‘Imran: 173) Semua makhluk itu tidak ada daya dan kekuatan tanpa izin Allah SWT. Semua yang terjadi atas kehendak Allah SWT. Hanyalah Allah SWT yang membolak balikkan hati. Kalau ingin ditolong Allah, maka jangan berharap apapun kecuali kepadaNya. Bila kita berharap kepada makhluk, maka itulah yang akhirnya membuat Allah SWT cemburu dan menjadikan kita menderita karena terlalu berharap kepada selainNya. Menderita sebab berharap pertolongan utama kepada makhluk, bukan kepada Sang Pencipta.

Cukuplah Allah Sebagai Penolong, Dia Maha Berkehendak Atas Segala Sesuatu

Cukuplah Allah Sebagai Penolong

وَإِنْ يَمْسَسْكَ اللَّهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا هُوَ ۖ وَإِنْ يُرِدْكَ بِخَيْرٍ فَلَا رَادَّ لِفَضْلِهِ ۚ يُصِيبُ بِهِ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ ۚ وَهُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Artinya: “Jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Yunus: 107)

Sebagai makhluk yang lemah dan tak ada daya, tugas kita adalah berserah diri dan mengadu apapun, serta mohon kepada Allah SWT. Ceritakan segalanya hanya kepada Allah SWT. Serahkan segalanya kepada Allah SWT. Banyak berdoa karena berdoa bisa merubah takdir. Mudah bagi Allah untuk mengubah segala sesuatu, yang tidak mungkin bagi manusia maka sangat mungkin bagi Allah SWT.

Allah SWT berfirman, artinya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186)

Bagaimana Cara Mendapat Pertolongan Allah SWT?

Cukuplah Allah Sebagai Penolong

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda, artinya: “Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya, selama hamba tersebut menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

Baca juga: 4 Ayat Tentang Tolong Menolong dalam Al-Quran

Jadi kalau kita dalam kesulitan dan dalam masalah, maka tolonglah kepada sesama. Makin banyak menolong, makin sering ditolong. Tidak sulit bagi Allah SWT untuk menolong kita. Jangan berharap ke makhluk nanti kecewa. Karena itu cukuplah Allah sebagai penolong, salah satu cara untuk mendapat pertolonganNya dengan bantu saudara yang butuh pertolongan.

Ayat-ayat di atas menjadi pijakan bagi kita umat Islam agar meyakini bahwa Allah SWT senantiasa ada  untuk menjadi penolong hamba-hambaNya yang beriman dan bertawakal kepada-Nya. Dengan meyakini hal tersebut, akan muncul ketenangan batin. Sehingga saat menghadapi masa-masa sulit, hati menjadi lebih tenang sebab mengingat bahwasanya ‘Cukuplah Allah Sebagai Penolong’.

More
articles