Dahsyatnya Keutamaan Puasa Arafah, Jangan Dilewatkan!

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Puasa Arafah adalah salah satu amalan utama di awal Dzulhijjah yang jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa ini memiliki keutamaan yang semestinya diraih oleh umat muslim. Puasa sunnah ini dikerjakan untuk kaum muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji. Adapun tanggal 9 Dzulhijjah 1442 H tahun ini bertepatan dengan hari Senin, 19 Juli 2021 M.

Bicara tentang puasa Arafah, sebagian ulama menyebutkan bahwa puasa Arafah adalah puasa pada hari di mana jamaah haji melakukan wukuf di Arafah. Sementara ulama lain berpendapat bahwa hari Arafah adalah hari yang bertepatan dengan tanggal 9 Dzulhijjah.

Tahukah sahabat bahwa Puasa Arafah ini memiliki keutamaan?

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Imam Nawawi dalam Al Majmu’ (6: 428) berkata,

Adapun hukum puasa Arafah menurut Imam Syafi’i dan ulama Syafi’iyah: disunnahkan puasa Arafah bagi yang tidak berwukuf di Arafah. Adapun orang yang sedang berhaji dan saat itu berada di Arafah, menurut Imam Syafi’ secara ringkas dan ini juga menurut ulama Syafi’iyah bahwa disunnahkan bagi mereka untuk tidak berpuasa karena adanya hadits dari Ummul Fadhl.”

Ibnu Muflih dalam Al Furu’ -yang merupakan kitab Hanabilah- (3: 108) mengatakan,

“Disunnahkan melaksanakan puasa pada 10 hari pertama Dzulhijjah, lebih-lebih lagi puasa pada hari kesembilan, yaitu hari Arafah. Demikian disepakati oleh para ulama.”Sebagai hamba Allah sekaligus ummat Rasulullah yang ingin meraih banyak keutamaan dalam ibadah, alangkah bagusnya bagi umat muslim yang mampu untuk melaksanakan puasa Arafah. Dimana keutamaannya dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Berikut ini adalah niat Puasa Arafah yang jatuh pada hari Senin, 19 Juli 2021.

 نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Artinya : Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta’ala.

Yuk sahabat, raih kemuliaan awal Dzulhijjah ini dengan puasa Arafah. InsyaAllah, akan ada pahala besar yang menanti. InsyaAllah, Allah akan berikan ampunan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang.

Masih belum terlambat bagi sahabat yang ingin berqurban, segera tunaikan ibadah qurban sekarang melalui https://s.id/PowerQurban

More
articles