21 Januari 2018 18:49 WIB

Penulis : Muhajir Aji

KOTA BEKASI (Suara Karya): Dinas Lingkungan hidup Kota Bekasi menyambut baik program pelatihan bertanam dengan sistem hiharaponik yang dilakukan oleh Rumah Pohon Ukhuwah dibawah bimbingan Ukhuwah Care Indonesia (UCI).  Pasalnya, masyarakat sekarang ini sudah mengalami peningkatan kesadaran untuk hidup sehat dan peningkatan permintaan sayuran dan berkualitas.

Hal itu dikatakan Direktur UCI Muhamad Anwar disela-sela pelatihan perdana Hiharaponik yang diikuti sebanyak 50 peserta, di Etalase Rumah Pohon Ukhuwah, Kelurahan Bekasi jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Minggu (21/1/2018).

“Kegiatan ini didukung oleh Dinas LH setempat terkait pemberdayaan masyarakat dan juga Dinas Sosial dalam rangka mengentaskan kemiskinan,” katanya.

Dikatakan, tujuan kegiatan ini diperuntukan bagi peserta manfaat (dhuafa) yang tidak memiliki pekerjaan. Mereka diberdayakan dan  memiliki hobi khususnya lingkungan hidup, yakni bertanam.

”Mereka punya hobi, ngak punya lahan, dan kita memiliki metodenya. Ini kita kombinasikan,” ujarnya.

Pelatihan ini difokuskan kepada tananam sayur-mayur dimana nanatinya dapat dijual ke masyarakat umum.“Jadi kita inginkan di rumah-rumah ada warung sayur, juga nantinya akan tumbuh para pengusaha sayuran,” paparnya.

Ini yang menjadi tugas utama UCI bagaimana memberdayakan masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian.

Ditambahkan, sistem hiharaponik merupakan sebuah tehnik bertanam yang menggabungkan sistem hidroponik dan haraponik. Medianya hanya menggunakan serbuk gergaji dan kompos. Keunggulan sistem ini, pertama; tidak menggunakan lahan, kedua; penggunaan air yang sedikit, ketiga; tidak memerlukan regulasi penyiraman yang merepotkan, keempat; dapat menjadi produksi massal.

Diketahui, pelatihan tanaman mengenal sistem hiharaponik ini merekrut sebanyak 32 relawan yang tersebar di 12 kecamatan. Setiap kecamatan di wakili 4 orang peserta pelatihan. Peserta yang hadir nantinya dapat menyebarkan dan mengimplementasikan ilmu yang didapat dilimgkungan masing-masing.

Editor : Silli Melanovi

Link Berita Online : http://m.suarakarya.id/detail/53068/Entaskan-Kemiskinan-UCI-Ajak-Warga-Bekasi-Bisnis-Sayuran-Sistem-Hiharaponik

Bagikan Informasi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •