Hewan yang Disukai dan Lebih Utama untuk Dikurbankan - Ucare Indonesia

Hewan yang Disukai dan Lebih Utama untuk Dikurbankan

Idul Adha sebentar lagi, artinya ibadah kurban bisa dipersiapkan dari sekarang. Agar bisa berkurban dengan baik, tentunya dibutuhkan hewan kurban yang memenuhi kriteria terbaik. Sebagaimana yang tertera dalam Al-Qur’an bahwa hewan yang terbaik untuk dikurbankan adalah hewan yang sempurna dan gemuk.

 

Sebagaimana yang tertulis dalam Al-Qur’an, Allah Subhanahu Wa ta’ala berfirman yang artinya: “…Barangsiapa yang mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah maka sesungguhnya itu adalah berasal dari ketakwaan hati.” (QS. Al Hajj: 32)

 

Melalui ayat di atas, Imam Syafi’i rahimahullahu mengatakan bahwa sunnah bagi orang yang berkurban adalah dengan memilih hewan kurban yang besar dan gemuk. Dari Abu Umamah bin Sahl mengatakan, “Dahulu kami di Madinah biasa memilih hewan yang gemuk dalam berkurban. Dan memang kebiasaan kaum muslimin ketika itu adalah berkurban dengan hewan yang gemuk-gemuk.” (HR. Bukhari secara mu’allaq namun secara tegas dan dimaushulkan oleh Abu Nu’aim dalam Al Mustakhraj, sanadnya hasan)

 

Mayoritas ulama berpendapat bahwa hewan kurban yang paling utama untuk dikurbankan diawali dengan onta, sapi kemudian terakhir kambing. Itupun bila biaya pengadaan masing-masing ditanggung satu orang. Sebagimana Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam ketika ditanya oleh Abu Dzar radhiallahu ‘anhu tentang budak yang lebih utama. Rasulullah Saw bersabda, “yaitu budak yang lebih mahal dan lebih bernilai dalam pandangan pemiliknya.” (HR. Bukhari dan Muslim). (Lihat Shahih Fiqih Sunnah, II/374)

 

Setelah mengetahui hewan yang disukai dan lebih utama untuk dikurbankan, sekarang sahabat Ucare sudah tahu dong alangkah baiknya berkurban dengan hewan yang mana. Nah, setelah mendapatkan yang terbaik, sahabat bisa untuk mendapatkan hewan kurbannya melalui LAZ UCare Indonesia.

 

Melalui program Power Kurban di LAZ Ucare Indonesia. Akan banyak sekali manfaat dan kebaikan yang bisa diambil dari kurban yang sahabat lakukan di masa pandemi ini. pahala berlipat ganda dan kebaikan akan double terasa.

 

Yuk, segera hubungi admin Kami melalui :

Telp. (021) 8896 0316

Hotline +62 822-2333-9773

 

Untuk transfer kurban via rekening :

BNI Syariah 068 566 4701

Muamalat 3050 7000 73

BSM 7100 3000 14

Mandiri 167 000 2432 085

BCA 066 327 1960

 

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

BRI 1623 01 000 032 307

A.n UCare Indonesia

 

Yuk, persiapkan ibadah kurban Sahabat dari sekarang bersama LAZ UCare Indonesia!

Scroll Up