Beberapa Amalan Ibadah di bulan Dzulhijjah yang Bisa Dilakukan - Ucare Indonesia

Beberapa Amalan Ibadah di bulan Dzulhijjah yang Bisa Dilakukan

Tanpa terasa sekarang kita berada di bulan Dzulqodah, namun sebulan lagi kita akan kedatangan salah satu bulan yang mulia yaitu bulan Dzulhijjah. Banyak amalan di bulan Dzulhijjah yang bisa sahabat lakukan.  Salah satunya adalah beberapa amalan di bawah ini, yaitu:

  1. Melaksanakan ibadah haji dan umrah

Perintah untuk melakukan ibadah haji dan umrah adalah amalan yang utama dikerjakan di bulan Dzulhijjah ini. hal ini tertulis sebagaimana dalam hadist. Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda, yaitu:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu‘anh berkata, “Sesungguhnya Rasûlullâh shallallahu’alaihiwasallam bersabda, “Umrah satu ke Umrah lainnya adalah penebus dosa antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada pahala baginya selain Surga.”

(al-Bukhari dalam Sahîh-nya Bab Wujûb al-‘Umrah wa Fadhluha (no. 1773) dari jalur Malik bin Anas.)

  1. Berpuasa selama 10 hari di hari-hari pertama bulan Dzulhijjah, atau pada sebagiannya, atau paling tidak sehari di hari Arafah.

Berpuasa merupakan amalan yang dianjurkan pada bulan Dzulhijjah ini. puasa yang menjadi amalan untuk Allah dan Allah lah yang langsung membalasnya.

“Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya”. (HR. Muslim)

 

  1. Bertakbir dan berdzikir.

Di bulan-bulan Dzulhijjah, para ulama mengajarkan untuk banyak berdzikir. Baik perbanyak tahlil, takbir dan tahmid.

Dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhuma berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Maka perbanyaklah pada hari-hari itu tahlil, takbir, dan tahmid”. (HR. Ahmad)

 

  1. Perbanyaklah amal shalih.

Di bulan dzulhijjah juga dianjurkan untuk mengerjakan segala amalan, baik yang wajib ataupun yang sunnah, contohnya: shalat, sedekah, membaca Al-qur’an, dsb. Pada hari di bulan Dzulhijjah akan dilipat gandakan pahalanya.

Allah SWT berfirman, artinya: “Barangsiapa yang beramal seberat semut kecil berupa kebaikan, dia pun akan melihat hasilnya. Dan barangsiapa yang beramal seberat semut kecil berupa keburukan, dia pun akan melihat hasilnya.” (QS. Az-Zalzalah [99]: 7-8)

 

  1. Disyariatkan pula kita melakukan takbir muthlaq

yaitu pada setiap saat, siang ataupun malam sampai shalat Ied– dan takbir muqayyad – yaitu takbir yang dilakukan setiap selesai shalat fardhu yang dilaksanakan dengan berjama’ah.

 

  1. Berkurban pada Hari Raya Qurban dan Hari-hari Tasyriq

Berqurban merupakan sunnah Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Muhammad saw. Sabda Nabi SAW, “Berkurban dengan menyembelih dua ekor domba jantan berwarna putih dan bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelihnya dengan menyebut nama Allah dan bertakbir, serta meletakkan kaki beliau di sisi tubuh domba itu”. (Hadits muttafaq ‘alaihi).

 

  1. Dilarang mencabut atau memotong rambut dan kuku bagi orang yang hendak berkurban.

Diriwayatkan oleh Muslim dan lainnya, dari Ummu Salamah r.a. bahwa Nabi saw. bersabda: “Jika kamu melihat hilal bulan Dzulhijjah dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia menahan diri dari (memotong) rambut dan kukunya.” Dalam riwayat lain, “Maka janganlah ia mengambil sesuatu dari rambut atau kukunya sehingga ia berkurban.”

 

  1. Melaksanakan shalat Iedul Adha dan mendengarkan khutbahnya.

Bagi yang berkewajiban untuk shalat, maka melaksanakan shalat. Bahkan, anak-anak dan wanita-wanita yang sedang haidh pun diperintahkan Nabi SAW untuk ikut serta untuk mendengarkan khutbahnya.

 

Sebelum bulan Dzulhijjah datang, yuk kita persiapkan segalanya dari sekarang. Dengan lebih menjaga ibadah kita dari sekarang. Senantiasa menjadikan setiap waktu untuk selalu terus memperbaiki dan meningkatkan amalan ibadah kita di sisi Allah SWT.

Bagi sahabat yang memiliki niat untuk berqurban, LAZ UCare Indonesia siap memberikan solusinya.

 

Silahkan kontak admin kami melalui:
Telp. (021) 8896 0316
Hotline +62 822-2333-9773

 

Untuk transfer qurban via rekening :
BNI Syariah 068 566 4701
Muamalat 3050 7000 73
BSM 7100 3000 14
Mandiri 167 000 2432 085
BCA 066 327 1960

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia
BRI 1623 01 000 032 307
A.n UCare Indonesia

 

Scroll Up