Pada hari Sabtu, 21 Januari 2018, UCare Indonesia melaksanakan kegiatan pelatihan perdana metode bercocok tanam dengan nama Hiharaponik. Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Pohon Ukhuwah Care Indonesia yang terletak di Kecamatan Bekasi Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat. Pelatihan yang diadakan bagi perwakilan Kaum Dhuafa yang tersebar di 12 Kecamatan di Kota Bekasi ini bertujuan untuk menambahkan pengetahuan terkait bertanam di lahan yang minim agar kemudian dapat diimplementasikan kedalam kehidupan sehari-hari.

Rumah Pohon Ukhuwah Care Indonesia lahir karena adanya kesadaran akan lingkungan yang terinspirasi dari kesejukan yang biasa kita dapatkan ketika berada di rumah. Latar belakang Kota Bekasi yang memiliki keterbatasan lahan untuk perkebunan, UCare Indonesia melahirkan gagasan untuk membuat program yang bertajuk Rumah Pohon Ukhuwah Care Indonesia dengan harapan kedepannya dapat memfasilitasi masyarakat bekasi, khususnya Dhuafa,  dalam bercocok tanam sebagai hobi maupun mata pencaharian. Metode Hiharaponik yang dipilih dengan pertimbangan lahan yang minim, diuji coba semenjak bulan September 2017. Alhasil, dalam 4 bulan, Rumah Pohon Ukhuwah Care Indonesia telah siap untuk diluncurkan ke publik.

Keunggulan Metode Hiharaponik yaitu tidak memerlukan luasnya lahan tanam. Ditambah lagi, penggunaan air yang cenderung sedikit namun tetap dapat menghidupkan tanaman secara layak. Penyiraman yang tidak merepotkan pun menjadi salah satu keuntungan Hiharaponik. Apabila kita berorientasi pada hasilnya, Hiharaponik dapat memproduksi tanaman secara massal.

Disambut baik oleh Pemerintah

Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi menyambut baik program pelatihan bertanam dengan sistem Hiharaponik ini. Pasalnya, masyarakat sekarang ini sudah mengalami peningkatan kesadaran untuk hidup sehat dan peningkatan permintaan sayuran yang berkualitas.

“Kegiatan ini didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup setempat terkait pemberdayaan masyarakat dan juga Dinas Sosial dalam rangka mengentaskan kemiskinan”, ujar M. Anwar selaku Direktur Ukhuwah Care Indonesia.

Sekretaris Camat Pondokgede, Ashari mgnapresiasi acara Launching Kebun Sayur Smart ini. Beliau mendukung bagaimana kegiatan ini dapat mengangkat pemberdayaan ekonomi yang positif. Masyarakat di sekitar lokasi tentunya memiliki animo yang cuku besar bila nanti bisa melihat hasil dari Kebun Smart ini.

Disamping itu Ashari berharap kerawanan sosial di wilayah Pondokgede yang lumayan tinggi dapat ditekan dengan menciptakan aktivitas yang mampu mengkonsentrasikan mereka pada hal-hal yang positif.

Bagikan Informasi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •