Hikmah Zakat yang Kaya Manfaat

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Zakat tak ubahnya air yang mensucikan diri, menghilangkan segala kotoran yang menempel dan membuat raga menjadi bersih kembali. Zakat tak ubahnya hujan di tengah musim kemarau, memberikan kesejukan, kedamaian, dan ketenangan. Zakat tak ubahnya separuh nafas yang begitu berharga, akan sangat susah hidup tanpanya. Dari zakatlah, hidup ini mengenal kata tumbuh dan berkembang. Dan dari agama islam yang suci inilah perintah menunaikan zakat ini hadir. Diawali dari yang suci dan diakhiri dengan yang suci pula. Sarat makna, menjanjikan pahala.

Dalam islam, zakat berarti kadar harta yang harus dikeluarkan dengan syarat tertentu dan harus disalurkan kepada mereka yang berhak menerimanya. Artinya, perintah zakat menyadarkan setiap muslim bahwa pada setiap harta dengan kepemilikan penuh yang telah mencapai nisab, perlu ditunaikan zakatnya. Disitu, Allah ajarkan bahwa selalu ada bagian dari hak orang lain yang harus dikeluarkan. Tak ubahnya badan yang harus dibersihkan dari racun, seperti itu pulalah peran zakat dalam harta: membersihkan kotoran.

Perintah zakat telah disebutkan berulang-ulang dalam Al-Qur’an. Tercatat sebanyak 30 kali disebutkan dan 27 kali dieratkan dengan perintah shalat. Seakan dari Al-Qur’an, Allah SWT telah mengabarkan kepada hamba-hambanya bahwa urgensi shalat dan zakat sangatlah dekat. Sama-sama penting. Dua-duanya berpahala besar. Perintah yang kuat, yang darinya melahirkan kebaikan baik kepada Sang Pencipta, juga kepada sesama.

Setiap zakat yang dikeluarkan adalah bukti keimanan juga obat untuk melawan sifat kikir dan tamak. Zakat juga menjadi pilar nasihat bahwa segala harta yang ada adalah titipan dan harus dijaga dengan cara yang baik, yaitu merawatnya dengan membersihkan kotorannya. Dengan zakat maka akan lahirkan ribuan kebaikan. Kebaikannya dapat dilihat lewat pengentasan kemiskinan, membantu mengatasi kelaparan, mendekatkan nilai persaudaraan, menjadikan kokoh ekonomi yang semula timpang di kalangan menengah kebawah, dan meminimalisir angka kriminalitas karena kesenjangan strata sosial. Dan yang terpenting mengukuhkan iman dan mengokohkan islam.

Peranan zakat di tengah pandemi seperti sekarang ini tentu akan sangat berharga, bernilai, dan sangat berarti mengatasi dan memperbaiki roda ekonomi yang sedang “tidak baik-baik saja”. Banyak pelaku UMKM dan pekerja harian lainnya yang turut merasakan dampak ekonomi. Jangankan cukupi kebutuhan yang lain, untuk makan sehari-hari saja tidak sedikit yang harus menghutang bahkan harus menahan perih karena kelaparan. Apa mau dikata? Beginilah keadaan yang sebenarnya. Karenanya, zakat di situasi resesi ini menawarkan lahirnya banyak kebahagiaan yang tak berkesudahan.

Ingin membayar zakat, tapi bingung dimana? Silahkan langsung ke UCare melalui zakat secara digital melalui nomer rekening:

BSI (BSM) 7100 3000 14

Mandiri 167 000 2432 085

BNI Syariah 068 566 4701

BCA 066 327 1960

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Informasi dan konfirmasi melalui:

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. +62 8222 3339 773

Informasi lengkap dan sapa kami melalui:

Instagram : @lazucare

FB : UCare Indonesia

Twitter : @ucareindonesia

You Tube : LAZ UCare

Telegram : https://t.me/UCareIndonesia

Website : https://www.ucareindonesia.org

Website Donasi : https://donasi.ucareindonesia.org/

Email : [email protected]

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316